Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Setelah Minum Alkohol

Sabtu, 08 Januari 2022 – 09:09 WIB
3 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Setelah Minum Alkohol - JPNN.COM
Pesta Minuman Beralkohol. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Bir merupakan jenis minuman beralkohol yang dibuat dengan cara mengekstrak beberapa bahan dengan air, kemudian merebus dan memfermentasikannya.

Bagi seseorang yang pertama kali mengonsumsi minuman ini, tubuh akan melakukan beberapa adaptasi berupa sakit tenggorokan dan pusing.

Sakit pada tenggorokan tersebut umumnya disebabkan oleh kandungan atau bahan dalam bir, seperti sulfit, biji-bijian, dan alkohol.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan setelah konsumsi bir, di antaranya:

  1. Tetap terhidrasi. Minum banyak air atau sumber cairan lain dapat membantu seseorang melawan efek dehidrasi akibat alkohol.
  2. Banyak istirahat akan memberikan kesempatan pada tenggorokan dan pita suara yang sakit untuk sembuh lebih cepat. Kurang tidur hanya akan menyebabkan kelelahan dan memperlambat proses penyembuhan.
  3. Berkumur dengan air asin. Campurkan ¼ - ½ sendok teh garam dengan sekitar 200 mL air hangat. Berkumurlah selama 30 detik dan ulangi sampai tenggorokan lega.

Itulah beberapa kandungan dalam bir yang dapat membuat tenggorokan sakit.

Apabila sakit berlanjut meski sudah menjalani perawatan rumahan, segera konsultasikan kepada dokter. Anda yang memiliki alergi pada bahan-bahan di atas juga disarankan untuk menghindari konsumsi bir.(klikdokter)

Bagi seseorang yang pertama kali mengonsumsi minuman ini, tubuh akan melakukan beberapa adaptasi berupa sakit tenggorokan dan pusing.

Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close