Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Gajah Liar Dipasangi GPS Collar oleh BBKSDA Riau, Ini Tujuannya

Senin, 06 Februari 2023 – 20:58 WIB
3 Gajah Liar Dipasangi GPS Collar oleh BBKSDA Riau, Ini Tujuannya - JPNN.COM
Petugas memasang GPS Collar kepada gajah liar di Riau. Foto:Dokumentasi BBKSDA Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA Riau memasang GPS Collar pada tiga ekor gajah liar di sub-populasi Petapahan, Balai Raja, dan Giam Siak Kecil.

Kepala BBKSDA Riau Genman S Hasibuan mengatakan pemasangan GPS Collar bertujuan mengetahui pergerakan gajah dalam selang waktu tertentu, sehingga bisa berfungsi sebagai early warning system mitigasi interaksi negatif gajah liar.

"Dengan adanya informasi ini maka upaya antisipasi dini bisa dilakukan dengan cara penggiringan gajah liar kembali ke dalam kawasan hutan sebagai habitatnya, sehingga diharapkan tidak sampai memberikan dampak negatif terhadap masyarakat,” kata Genman Senin (6/2).

Dia menjelaskan bahwa proses pemasangan GPS Collar berlangsung sejak 21 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi dan edukasi manfaat GPS Collar kepada perwakilan para pihak dan masyarakat di daerah yang sering dilalui gajah liar, rapat persiapan, survey keberadaan kelompok gajah target serta pengkondisian Tim pelaksana dan peralatan.

Pemasangan GPS Collar dilakukan oleh tim yang sudah berpengalaman dalam penanganan gajah liar dari BBKSDA Riau, PLG Minas, serta tiga ekor gajah jinak bernama Bankin, Jovi, dan Indah.

“Gajah yang dipasangi GPS Collar berjenis kelamin betina berusia 45 tahun dengan berat badan 3765 kilogram. Gajah tersebut membawa satu bayi gajah jenis kelamin betina, umur lebih kurang tiga bulan,” jelasnya.

Pemasangan selanjutnya kepada seekor gajah betina dewasa yang diperkirakan sedang bunting dengan estimasi berat badan lebih kurang 2 ton 2067 kilogram.

Tiga gajah liar di Petapahan, Balai Raja, dan Giam Siak Kecil dipasangi GPS Collar oleh BBKSDA Riau guna mencegah konflik dengan manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close