Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Gejala Gangguan Dismorfik Tubuh yang Berpotensi Dialami Remaja Perempuan

Senin, 01 April 2024 – 08:41 WIB
3 Gejala Gangguan Dismorfik Tubuh yang Berpotensi Dialami Remaja Perempuan - JPNN.COM
Remaja perempuan berpotensi mengalami gangguan dismorfik tubuh atau Body Dysmorphic Disorder (BDD). Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sebuah studi menyimpulkan anak perempuan, terutama remaja, berpotensi enam kali lebih sering mengalami gangguan dismorfik tubuh.

Gangguan dismorfik tubuh atau yang lebih dikenal dengan Body Dysmorphic Disorder (BDD) dapat memberi dampak negatif pada kualitas hidup anak.

Dilansir dari Medical Daily, Senin (1/4), gangguan dismordik tubuh merupakan suatu kondisi kesehatan mental di mana penderitanya merasa terdapat kekurangan pada fisiknya dan dipikirkan secara berlebihan.

Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa penyakit mental itu mampu membuat penderitanya merasakan emosi negatif yang berdampak signifikan pada kualitas hidup.

Kondisi tersebut seringkali tidak terdeteksi dan penderitanya sulit mendapatkan pengobatan di usia mudanya.

Profesor Psikolog dari Universitas College London Georgina Krebs mengatakan, biasanya penderita mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

Pertama, berpikir berlebihan tentang kekurangan atau kecacatan tubuh yang mungkin dirasa tidak penting oleh orang lain.

Kedua, penderita berulangkali memeriksa penampilannya di depan cermin atau mengambil foto dirinya (selfie) sambil mengalami serangan panik saat melihat kekurangan pada dirinya, merasa malu atau jijik pada tubuhnya, merasa takut karena berpikir orang lain akan menatap, menghakimi atau mengolok tubuhnya.

Berikut ini 3 gejala gangguan dismorfik tubuh atau Body Dysmorphic Disorder (BDD) yang rentan dialami remaja perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close