Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Hal yang Bakal Bikin Jokowi Batal Meminang Cak Imin

Selasa, 17 Juli 2018 – 22:53 WIB
3 Hal yang Bakal Bikin Jokowi Batal Meminang Cak Imin - JPNN.COM
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (tengah) memukul kendi saat meresmikan posko Jokowi Cak Imin 2019 di Jakarta, Selasa (10/4). Posko tersebut bertujuan untuk mendorong dan mendukung pasangan Joko Widodo dan Muhaimin Iskandar dalam pilpres 2019 mendatang. Perpaduan Jokowi dengan Cak Imin akan melahirkan kekuatan poros nasionalis-Islam moderat. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Peluang Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar duduk sebagai cawapres mendampingi Joko Widodo, menguat setelah Presiden Jokowi menyebut Cak Imin salah satu dari lima nama kandidat yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

Meski peluang cukup kuat, namun pengamat politik Said Salahudin menyebut ada tiga hal yang kemungkinan mengakibatkan Wakil Ketua MPR itu pada akhirnya batal dipinang Jokowi.

Pertama, jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan pembatalan syarat presidential threshold, maka sangat mungkin konstelasi Pilpres 2019 akan berubah.

"Nah, salah satu kemungkinan dari perubahan itu adalah Cak Imin batal menjadi cawapres Jokowi. Dia bisa tersingkir akibat perubahan peta koalisi yang dibangun partai-partai politik yang ada," ujar Said di Jakarta, Selasa (17/7).

Kedua, seandainya ketentuan presidential threshold tetap diberlakukan, posisi Cak Imin sebagai kandidat cawapres Jokowi juga belum cukup aman.

"Dia bisa saja gagal mendampingi Jokowi, karena boleh jadi ada kandidat lain yang dianggap lebih tangguh oleh Jokowi untuk menghadapi penantangnya," ucap Direktur Sinergi Masyarakat Untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) itu.

Faktor ketiga, figur capres-cawapres yang nantinya menjadi rival petahana. Menurut Said, turut menjadi faktor yang memengaruhi dipilih atau tidaknya Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

Karena walau bagaimanapun, strategi pemenangan biasanya memperhatikan siapa lawan politik yang dihadapi. (gir/jpnn)

Peluang Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres mendampingi Jokowi menguat setelah nama Cak Imin disebut dari lima nama kandidat cawapres Jokowi.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close