Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut

Rabu, 27 November 2019 – 04:07 WIB
3 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut - JPNN.COM
Rambut. ILUSTRASI. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - Beberapa produk kecantikan, menggunakan kopi sebagai campuran kandungannya. Kopi dipercaya mampu membersihkan dengan lebih menyeluruh sekaligus mengurangi selulit. Tak hanya untuk kulit, kini manfaat kopi juga diyakini baik untuk kesehatan rambut.

Kopi bermanfaat berkat kandungan kafeinnya 

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, sebenarnya yang memberi pengaruh sehat terhadap rambut bukan kopi itu sendiri. Namun, kandungan kafein yang terkandung di dalamnya. 

“Ya, dari penelitian yang ada, memang ada kondisi di mana peserta penelitian dengan kondisi rambut tertentu mendapatkan obat topikal yang mengandung kafein,” jelasnya. 

“Ketika mereka diberi obat tersebut, hasilnya terjadi pertumbuhan rambut yang cukup signifikan. Namun, salep ini tidak spesifik mengandung kopi, ya! Fokusnya itu pada kafein, bukan kopinya. Jumlah atau dosisnya pun telah disesuaikan sehingga minim risiko atau efek sampingnya,” tambah dr. Alvin. 

Salah satu permasalahan yang paling sering menyerang rambut adalah kerontokan dan kebotakan. Bila kandungan kafein dalam kopi benar-benar bisa membantu mengatasi masalah tersebut, pasti akan banyak orang yang mencoba mengolesinya di kulit kepalanya agar pertumbuhan rambut bisa lebih cepat dan lebat. 

Perhatikan hal ini sebelum menggunakan kopi untuk rambut

Menurut dr. Alvin, salep kafein yang dipakai dalam penelitian tersebut sudah diracik sedemikian rupa untuk pengobatan.

Tak hanya untuk kulit, kini manfaat kopi juga diyakini baik untuk kesehatan rambut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close