Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Pertimbangan Dokter sebelum Menangani Pasien, Salah Satunya Kemampuan Beli Obat

Senin, 26 Juli 2021 – 13:53 WIB
3 Pertimbangan Dokter sebelum Menangani Pasien, Salah Satunya Kemampuan Beli Obat - JPNN.COM
Terdapat 3 pertimbangan dokter sebelum menangani pasien. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Konsil Kedokteran Indonesia Dr Putu Moda Arsana menyebutkan tiga pertimbangan dokter sebelum menangani seorang pasien.

Pertama, keahlian klinis (clinical expertise) dokter.

"Jadi kemampuan, 'knowledge', dan pengalaman dokter tersebut ini yang menjadi pertimbangan yang pertama, karena tidak mungkin seorang dokter mengobati sesuatu atau mengobati pasien tetapi dokter tidak tahu tentang apa yang akan diberikan," kata Dokter Putu dalam webinar memperingati Hari Ivermectin Dunia, Minggu (25/7) malam.

Kedua, mengenai nilai dan preferensi pasien (patient value and preference) .

Dokter Putu mengatakan manusia memiliki sejumlah faktor dalam dirinya, meliputi faktor biologi, psikologi, dan sosial. Sehingga ketika dokter menyusun permasalahan pasien, maka faktor-faktor tersebut perlu dipertimbangkan.

Dokter Putu lalu mencontohkan tentang faktor sosial, yakni ketika pasien tidak memiliki akses kepada layanan kesehatan atau obat-obatan tertentu yang mahal.

Ketika kondisi tersebut terjadi, kata dia, dokter harus mempertimbangkan apakah pasien mampu membeli obat tersebut atau tidak.

"Sehingga dokter harus mempertimbangkan atau mencari alternatif lain obat yang lebih murah, mungkin memang secara efikasi dia tidak sebaik yang mahal tetapi karena social problem, maka dokter harus menganjurkan atau membuat resep untuk membuat obat-obat yang lebih murah," sambung dia.

Salah satu pertimbangan dokter sebelum menangani seorang pasien adalah kemampuan pasien membeli obat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close