Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Skenario Pelaksanaan Haji 2020, Calon Jemaah Wajib Tahu

Rabu, 08 April 2020 – 20:10 WIB
3 Skenario Pelaksanaan Haji 2020, Calon Jemaah Wajib Tahu - JPNN.COM
Menag Fachrul Razi soal pelaksanaan Haji 2020. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama belum bisa memastikan apakah pelaksanaan ibadah haji tahun 2020/1441 H, bisa dilaksanakan atau tidak?

Meski demikian, berbagai persiapan tetap dilakukan karena belum ada pemberitahuan dari otoritas Arab Saudi soal pembatalan.

Dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR RI, yang berlangsung hingga Rabu petang (8/4), Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, mengatakan bahwa pemerintah tetap menyiapkan sejumlah skenario sebagai antisipasi.

"Terkait dengan dilanjutkannya atau dibatalkannya pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Kemenag telah menyiapkan skenario sebagai upaya mitigasi," kata Menag Fachrul.

Skenario pertama yang disiapkan Kemenag adalah, bila haji diselenggarakan dengan kuota normal. Skenario ini mengasumsikan ibadah haji dilakukan dalam risiko relatif kecil yang ditandai dengan perkembangan situasi yang kondusif dengan segala bentuk pelayanan di Arab Saudi relatif normal.

"Skenario disiapkan dalam tiap tahap pelaksanaan haji, mulai dari berangkat hingga pulang ke tanah air. Diupayakan dengan meminimalisasi sistem dampak Covid-19 hingga ke titik nol," jelas Fachrul.

Kedua, ada pembatasan kuota. Skenario ini mengasumsikan haji tetap diselanggarakan tetapi dengan pembatasan kuota akibat situasi di Arab Saudi yang masih berisiko atau calon jemaah berisiko sekalipun berjalan.

Kuota diperkirakan dikurangi hinga 50 persen dengan pertimbangan keteresdiaan ruangan yang cukup untuk social/physical distancing.

Kementerian Agama (Kemenag) belum bisa memastikan apakah pelaksanaan ibadah haji tahun 2020/1441 H, bisa dilaksanakan atau tidak?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close