Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Tanda Gejala Gigi Sensitif

Minggu, 22 Desember 2019 – 21:19 WIB
3 Tanda Gejala Gigi Sensitif - JPNN.COM
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Sensasi ngilu yang muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu bisa sangat mengganggu. Bukannya kenikmatan, makanan favorit malah terlihat seperti musuh bebuyutan lantaran sering menyebabkan ngilu dan rasa nyeri di gigi.

Anda juga mengalami gejala seperti ini? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif.

Sebanyak 86,5 persen penderita gigi sensitif mengeluhkan rasa ngilu singkat yang tajam dan sangat menganggu. Kondisi ini terjadi saat bagian dentin?yang merupakan ‘pintu masuk’ menuju saraf gigi?kehilangan pelindungnya. Rata-rata kasus gigi sensitif terjadi pada rentang usia 18 hingga 35 tahun.

Pada kebanyakan kasus, gigi sensitif terjadi akibat penurunan gusi karena kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras. Selain itu, gigi sensitif juga bisa terjadi akibat terkikisnya lapisan enamel gigi lantaran terlalu sering terpapar makanan atau minuman yang bersifat asam.

Tanda dan gejala gigi sensitif

Beberapa kondisi yang dapat menjadi tanda dan gejala bahwa Anda mengalami gigi sensitif adalah:

1. Terasa ngilu saat makan atau minum

Bagi orang-orang yang mengalami gigi sensitif, konsumsi segala asupan yang bersifat panas, dingin, atau asam dapat menyebabkan terjadinya keluhan ngilu maupun nyeri di gigi.

Bukannya kenikmatan, makanan favorit malah terlihat seperti musuh bebuyutan lantaran sering menyebabkan ngilu dan rasa nyeri di gigi.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close