Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

30 Negara Pantau Coblosan

Rabu, 09 April 2014 – 07:01 WIB
30 Negara Pantau Coblosan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Dunia internasional tidak ingin ketinggalan mengik ti ajang Pemilu Legislatif 2014 di Indonesia. Sebanyak 30 negara mengirimkan total 154 orang yang akan menjadi visitor untuk melihat proses pencoblosan yang berlangsung hari ini di sejumlah wilayah.

Kemarin (8/4) perwakilan 30 negara itu mendatangi kantor KPU untuk mendapatkan sosialisasi terkait dengan teknis pemungutan suara. Mereka mendapat panduan langsung dari Komisioner KPU Hadar Navis Gumay dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Hadar menyatakan, kapasitas para warga negara asing (WNA) yang mewakili negara masing-masing adalah sebagai visitor. Posisi itu berbeda dengan pemantau yang harus melalui akreditasi langsung dari KPU RI. “Mereka ingin melihat, mempelajari, bagaimana pemilu besok (hari ini) di TPS,” ujar Hadar.

Sejumlah perwakilan negara, seperti Rusia, Finlandia, Libya, Malaysia, Pakistan, Timor Leste, Thailand, Tiongkok, Amerika Serikat, Singapura, Myanmar, dan Vietnam, menjadi visitor pada pemilu legislatif hari ini. Para visitor LN tertarik untuk memantau pileg, salah satunya, karena jumlah partisipasi pemilih di Pileg 2014 yang mencapai 185,8 juta. "Indonesia dinilai menjadi negara terbesar dari segi kuantitas yang mengadakan pesta demokrasi," ujarnya.

Menurut Hadar, sosialisasi yang diberikan lebih terkait dengan teknis pemungutan dan penghitungan suara esok. KPU juga menjelaskan mekanisme dalam menentukan apakah surat suara yang dicoblos sah atau sebaliknya. “Setidaknya, sosialisasi disampaikan agar mereka mendapat cukup info sebelum terjun langsung,” ujarnya

Setiap visitor, lanjut Hadar, juga berhak memilih tempat pemungutan suara mana yang akan dikunjungi. Termasuk, melihat kondisi pemungutan suara di lembaga pemasyarakatan. “Ini seperti orang yang berkunjung saja. Tetapi, dengan cara ini kita ketahui siapa saja visitor resmi,” jelasnya.

Mayoritas visitor memilih DKI Jakarta, namun ada juga yang ingin terjun langsung untuk melihat pemungutan suara di Provinsi Aceh, Jogjakarta, dan Ambon. “Mereka boleh ke mana-mana. Yang penting daftar dulu di KPU,” tandasnya. (bay/c7/fat)

JAKARTA - Dunia internasional tidak ingin ketinggalan mengik ti ajang Pemilu Legislatif 2014 di Indonesia. Sebanyak 30 negara mengirimkan total 154

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close