Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Hari Lagi Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka, Alhamdulillah

Senin, 14 November 2022 – 09:55 WIB
4 Hari Lagi Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka, Alhamdulillah - JPNN.COM
Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Paket 2. Foto: dok PT PP

jpnn.com - JAKARTA - Uji coba pembukaan Tol Semarang-Demak Seksi II telah dilakukan sejak Jumat (12/11) pukul 15.00 WIB dengan skema buka tutup satu arah/lajur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Semarang-Demak Seksi II dibuka fungsional pada 18 November 2022.

Pembukaan fungsional ruas tol tersebut, kata Basuki, sangat penting untuk membantu mengurai kemacetan di Jalan Pantai Utara (Pantura), yang saat ini sedang dilakukan penggantian Jembatan Callendar Hamilton (CH) Wonokerto.

"Konstruksi sudah bagus, bisa dimaksimalkan untuk kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk. Supaya jangan terlalu macet jalan nasional Pantura sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Menteri PUPR Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/11).

Basuki juga menginstruksikan pengerjaan Jembatan CH Wonokerto sepanjang 60 meter yang saat ini progresnya sebesar 59,89 persen dapat dipercepat.

"Saya minta dipercepat pekerjaannya dengan manajemen yang lebih baik. Karena lokasi jembatan ini di Pantura yang macet, kalau tidak terencana dengan baik akan lambat," kata pria kelahiran Solo, 5 November 1954, itu.

Tol Semarang - Demak memiliki panjang 26,95 km yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km menjadi porsi pemerintah (APBN) dengan kebutuhan biaya Rp 10 triliun.

Tol Semarang Demak Seksi II akan dibuka empat hari lagi, sekaligus untuk mengurai kemacetan di Jalan Pantura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close