Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Tips dari Mekari Agar Momen Lebaran jadi Sumber Cuan

Selasa, 11 April 2023 – 13:13 WIB
4 Tips dari Mekari Agar Momen Lebaran jadi Sumber Cuan - JPNN.COM
Aplikasi inventaris barang besutan Mekari memudahkan pengusaha dalam berbagai kegiatan jual beli. Foto: tangkapan layar laman Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Sandy Suryanto, Chief Commercial Officer Mekari- perusahaan penyedia solusi digital untuk pengoperasian bisnis, berbagi tips bagaimana bisnis, dengan dukungan teknologi, bisa menjadikan Hari Raya sebagai sumber berkah.

“Bisnis-bisnis di sektor yang langsung menyentuh konsumen, seperti restoran, ritel, dan hiburan masyarakat, malah akan kebanjiran konsumen saat libur Lebaran. Karena itu, mereka harus merencanakan kebutuhan akan karyawan dengan cermat agar bisnis bisa terus beroperasi dan melayani konsumen dengan baik,” ujar Sandy.

Menurut Sandy teknologi bisa membantu bisnis untuk mempererat silaturahmi dengan konsumen, sehingga konsumen semakin setia dengan bisnis tersebut. Simak tips berikut:

1. Amankan rotasi karyawan

Bisnis harus terlebih dulu memperkirakan seberapa sibuk mereka nantinya saat Lebaran agar dapat menyesuaikan dengan rotasi cuti karyawan di bagian back-end dan front-end.

Di sini, solusi digital untuk manajemen personalia bisa membantu bisnis dengan mensinkronisasi secara otomatis jadwal cuti dan lembur ratusan karyawan yang tersebar di berbagai cabang sehingga tidak ada kekosongan orang.

Solusi digital juga bisa mengirimkan memo internal ke semua karyawan agar mereka selalu mendapat informasi terbaru mengenai jadwal kerja maupun libur.

2. Siapkan bonus lembur

Bisnis harus memberikan bonus sebagai insentif agar karyawan bersedia mengambil shift Lebaran. Dengan demikian, bisnis juga harus memperhitungkan anggaran untuk menutupi pengeluaran ekstra terkait apresiasi tersebut.

Untuk memudahkan penghitungan, bisnis bisa memanfaatkan solusi digital yang mengkoneksikan jadwal shift di divisi human resources (HR) dengan pencatatan payroll di divisi keuangan sehingga bonus dapat dihitung dan dikirim secara otomatis.

Mekari berbagi tips bagaimana bisnis, dengan dukungan teknologi, bisa menjadikan Hari Raya sebagai sumber berkah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close