Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4,39 Juta Kendaraan Antar Pemudik

H-5 Lebaran Mulai Jatuh Korban Jiwa

Sabtu, 27 September 2008 – 14:41 WIB
4,39 Juta Kendaraan Antar Pemudik - JPNN.COM
''Kami memprediksi, besok (hari ini, Red) merupakan puncak arus mudik karena bertepatan dengan dimulainya libur bersama. Kira-kira menjelang sahur mereka mulai bergerak,'' ujar Direktur DLLAJ (Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Dephub Suroyo Ali Muso di Hotel Millenium Jakarta kemarin (26/9).

Tingginya pemakaian sepeda motor itu, lanjut dia, terjadi seiring meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Meski dari sisi ekonomi menunjukkan perbaikan, dari sisi pengaturan hal tersebut menimbulkan permasalahan baru. Bahkan, Dephub pernah berwacana melarang penggunaan sepeda motor untuk mudik.

Dirjen Perhubungan Darat Dephub Iskandar Abubakar menambahkan, arus mudik yang menggunakan sepeda motor pada Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat 18,09 persen dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah pemudik sepeda motor mencapai 2.122.697 kendaraan, Lebaran tahun ini akan menjadi 2.506.572 kendaraan.

Mudahnya mendapatkan kredit sepeda motor, menurut dia, turut mendongkrak jumlah kepemilikan sepeda motor di masyarakat. Hanya dengan uang muka dan angsuran ratusan ribu rupiah, semua orang bisa memiliki sepeda motor.

JAKARTA - Departemen Perhubungan memprediksi puncak arus mudik terjadi hari ini. Para pemudik akan meninggalkan pusat-pusat kota menuju daerah asal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close