Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

447 Warga Sipil Tewas Akibat Perang Yaman, Saudi Cs Paling Banyak Bunuh Anak-Anak

Sabtu, 31 Desember 2022 – 23:28 WIB
447 Warga Sipil Tewas Akibat Perang Yaman, Saudi Cs Paling Banyak Bunuh Anak-Anak - JPNN.COM
Warga ibu kota Yaman, Sanaa, melihat kondisi rumah mereka setelah kawasan permukiman tersebut dibombardir semalaman oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi pada 18 Januari 2022. Foto: MOHAMMED HUWAIS / AFP

jpnn.com, SANAA - Sedikitnya 447 warga sipil tewas dalam perang di Yaman sepanjang 2022, menurut kelompok HAM pada Kamis (29/12).

Sebanyak 35 perempuan dan 82 anak-anak turut menjadi korban tewas, menurut pernyataan Komisi Investigasi Dugaan Pelanggaran HAM Nasional.

Sekitar 891 warga sipil juga mengalami luka dalam kekerasan tersebut, termasuk 84 perempuan dan 212 anak, katanya.

Kelompok HAM itu mengatakan pihaknya telah mencatat 3.411 pelanggaran di seluruh Yaman pada 2022, mulai dari penyiksaan, pemindahan paksa, penangkapan ilegal, penghancuran bangunan rumah hingga perekrutan anak.

Komisi itu menyalahkan semua pihak yang bertikai di Yaman, tetapi memberi sorotan ekstra terhadap penggunaan ranjau darat dan perekrutan anak oleh kelompok Houthi.

Konflik Yaman berlangsung sejak September 2014 ketika pemberontak al Houthi merebut sebagian besar wilayah negara tersebut, termasuk ibu kota Sanaa.

Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi lantas terlibat dalam perang pada awal 2015 guna mengembalikan kekuasaan pemerintah.

Human Right Watch pada 2020 melaporkan bahwa mayoritas korban jiwa anak-anak tewas akibat kampanye pengeboman udara yang diluncurkan Saudi cs. Koalisi itu juga dituduh berulang kali menyerang bangunan sekolah.

Human Right Watch pada 2020 melaporkan bahwa mayoritas korban jiwa anak-anak di Yaman tewas akibat kampanye pengeboman udara yang diluncurkan Saudi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close