Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Calon Haji asal Indonesia Ditolak Masuk Arab Saudi

Minggu, 25 Juni 2023 – 09:47 WIB
5 Calon Haji asal Indonesia Ditolak Masuk Arab Saudi - JPNN.COM
Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad. ANTARA/HO-MCH

jpnn.com - MAKKAH - Sebanyak lima calon haji asal Indonesia ditolak masuk Arab Saudi dalam waktu berbeda saat pemeriksaan imigrasi di Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz atau Bandar Udara Madinah, dan Bandara King Abdulaziz International Airport Jeddah.

Saat ini, kelima calon haji asal Indonesia itu sudah berada di tanah air.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz mengaku mendapat informasi bahwa satu di antara mereka yang dipulangkan itu pernah tercatat melakukan pelanggaran berhaji dengan visa ziarah pada 2018.

"Dipulangkan karena belum genap 10 tahun tak boleh balik ke Arab Saudi," kata Abdul Aziz di Makkah, Sabtu (24/6).

Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah Eko Hartono mengaku belum mengecek langsung penyebab kelima calon peserta haji asal Indonesia tersebut ditolak masuk Saudi.

Namun, kata dia, biasanya orang yang pernah bermasalah terkait dengan keimigrasian, dilarang masuk ke Arab Saudi selama 10 tahun.

"Mereka sudah kembali ke tanah air. Mereka, kan, tidak boleh masuk, jadi begitu tiba di bandara, dicek di imigrasi sini yang bersangkutan statusnya masih cekal dan mereka dipulangkan lagi dengan dicarikan pesawat kembali ke tanah air,” kata Eko Hartono.

Menurut Eko, kelima calon haji itu mendapatkan visa dari Arab Saudi karena sistem daftar cekal belum terkoneksi dengan pengeluaran visa di e-Hajj.

Sebanyak lima calon haji asal Indonesia ditolak masuk Arab Saudi dalam waktu berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close