Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

Sabtu, 21 Desember 2019 – 05:10 WIB
5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat - JPNN.COM
Ilustrasi sakit. (Pexels)

jpnn.com - Kalau sudah terserang batuk, kegiatan Anda pasti akan sangat terganggu. Baik yang berdahak maupun kering, keduanya sama-sama menyebalkan. Tapi tenang, ada beberapa cara ampuh yang perlu Anda ketahui untuk meredakan batuk dengan cepat.

Biasanya, beberapa orang mengalami batuk disertai dengan pilek dan flu. Hidung meler, badan panas, dan batuk. Itulah beberapa keluhan yang kerap dialami. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, penyakit ini juga membuat tidur kurang nyenyak. Bahkan, batuk yang berkepanjangan bisa menyebabkan perut menjadi sakit.

"Batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh dalam merespons bahan-bahan iritan atau benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Meskipun normal, batuk dapat berubah menjadi hal yang menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," ungkap dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Ada satu fakta menarik soal batuk. Ternyata, perempuan lebih rentan mengalami batuk dibanding laki-laki. Hal ini terjadi karena perempuan memiliki refleks batuk yang lebih sensitif dibanding laki-laki.

Sementara, batuk dalam jangka waktu lama dan berulang biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pernapasan (organ pernapasan atau luar saluran pernapasan).

"Infeksi pada paru-paru seperti bronkitis, asma, dan rhinitis alergi maupun vasomotor dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering mengalami batuk berkepanjangan. Selain itu, sindrom post nasal drip juga sering menjadi penyebab seseorang mengalami batuk yang berkepanjangan," kata dr. Devia.

Cara Ampuh Meredakan Batuk

Sebenarnya, Anda tidak perlu langsung minum obat untuk meredakan batuk. Bila batuknya ringan, ada beberapa cara mudah dan ampuh untuk mengatasinya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan batuk:

Batuk dalam jangka waktu lama dan berulang biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pernapasan (organ pernapasan atau luar saluran pernapasan).

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close