Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Saran Ahli Seusai Pemerintah Menyetop PPKM

Senin, 02 Januari 2023 – 06:29 WIB
5 Saran Ahli Seusai Pemerintah Menyetop PPKM - JPNN.COM
Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama menyarankan lima hal yang perlu dilakukan pemerintah seusai mencabut PPKM. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama menyarankan lima hal yang perlu dilakukan pemerintah seusai mencabut Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Prof Tjandra menyebutkan saran ini ditujukan agar angka kasus Covid-19 tetap terjaga.

Berikut lima saran Prof Tjandra untuk pengendalian Covid-19 seusai PPKM disetop:

1. Surveilan

Pemerintah perlu melanjutkan surveilan dengan cermat. Surveilan ini tidak hanya berdasarkan gambaran klinik tetapi juga dari laboratorium bahkan pada keadaan tertentu sampai ke pemeriksaan “whole genome sequencing". (WGS).

Guru Besar FKUI itu mencontohkan kegiatan surveilan ini seperti pengamatan terus menerus angka demam dengue sehingga di musim penghujan.

"Sehingga kasusnya bisa segera dapat diidentifikasi dan dicegah perluasannya," kata Prof Tjandra.

2. Kemudahan PCR dan antigen

Pemerintah perlu memperluas penyediaan dan kemudahan mengakses tes antigen dan PCR, apalagi tes ini sudah tidak diwajibkan lagi bagi orang-orang.

"Ada rencana untuk menyediakan alat test antigen di apotik, sementara kita tahu di banyak negara alat test antigen dapat dibeli di berbagai toko dan supermarket," kata dia.

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama menyarankan lima hal yang perlu dilakukan pemerintah seusai mencabut PPKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close