Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

543.300 Guru Honorer jadi ASN PPPK, Pesan Prof Nunuk Mirip Mas Anas & Pak Teguh

Jumat, 10 Maret 2023 – 08:00 WIB
543.300 Guru Honorer jadi ASN PPPK, Pesan Prof Nunuk Mirip Mas Anas & Pak Teguh - JPNN.COM
Sudah ratusan ribu guru honorer berstatus PPPK.. Ilustrasi Foto: Ama for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah memastikan pada 2024 akan melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyebutkan, formasi yang disediakan untuk seleksi CPNS dan PPPK 2024 sebanyak 1 juta, yang diprioritaskan untuk tenaga bidang pendidikan dan kesehatan.

Azwar Anas berharap pemerintah daerah dapat mengajukan formasi PPPK untuk tenaga honorer di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi prioritas.

"Kami berharap dari daerah segera mengusulkan untuk PPPK karena pendidikan dan kesehatan sedang menjadi prioritas. Sekarang kita sedang ajukan formasi satu juta lebih yang kita ajukan untuk 2024," kata Menpan Azwar Anas saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (2/3).

Jika pada seleksi PPPK 2024 banyak formasi yang diusulkan pemda, maka program 1 juta guru PPPK berpeluang besar tercapai di akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Pasalnya, selama ini program 1 juta guru PPPK terkendala sikap sejumlah pemerintah daerah atau pemda yang ogah-ogahan mengajukan usulan formasi PPPK Guru.

Sebagian mengajukan usulan formasi yang minim, jauh dari kuota yang disediakan Panselnas CASN.

"Usulan formasi PPPK 2022 dari pemda hanya 40,9 persen dari total kebutuhan 781.844," ujar Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani, saat masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt), pada 7 November 2022.

Sudah 543.300 guru honorer berubah status menjadi ASN PPPK. Optimistis program 1 juta PPPK Guru tercapai pada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close