Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

599 Penumpang Rayakan Idul Fitri di Pelabuhan

Sabtu, 18 Juli 2015 – 08:36 WIB
599 Penumpang Rayakan Idul Fitri di Pelabuhan - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - PEMUDIK memang harus lebih bersabar untuk pulang kampung. Apalagi yang dialami 599 penumpang kapal motor (KM) Kirana I tujuan Surabaya. Mereka harus tertahan selama tiga hari dan terpaksa merayakan Idul Fitri di Pelabuhan Sampit, Kalteng. Sebab, kapal baru bisa berlayar kemarin (17/7) sekitar pukul 10.00.

Kapal tidak bisa berlayar karena air di pelabuhan surut. Awalnya, KM Kirana I berangkat Rabu (15/7). "Kapal tak bisa berangkat kalau air belum pasang. Ini sudah lumayan naik airnya, jadi bisa segera berangkat. Itu pun harus cepat-cepat sebelum kandas di muara lagi," kata petugas KSOP (Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan) Sampit Karyanto Kristo kemarin (17/7).

Dia menambahkan, kapal sebelumnya tertahan di muara karena kandas. Sesuai manifes, penumpang KM Kirana I mencapai 599 orang. Kapasitas kapal adalah 650 orang. Sebagian pemudik membawa sepeda motor dan mobil.

Menurut Karyanto, KM Kirana I merupakan keberangkatan terakhir pada arus mudik Lebaran tahun ini. Sebelumnya, Rabu tengah malam (15/7), sekitar 350 pemudik diberangkatkan dengan KRI Teluk Cenderawasih yang diperbantukan.

"Untungnya, semua pemudik tahun ini terangkut semua, meski sempat banyak yang tak kebagian tiket. Arus balik akan dimulai Selasa (21/7)," ujarnya.

Berdasar data KSOP Sampit, sekitar 21 ribu penumpang telah terangkut ke Surabaya dan Semarang. Jumlah itu lebih kecil dari prediksi KSOP, yakni 30 ribu orang. (ign/JPG/mas/dio)

PEMUDIK memang harus lebih bersabar untuk pulang kampung. Apalagi yang dialami 599 penumpang kapal motor (KM) Kirana I tujuan Surabaya. Mereka harus

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close