Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Benda Sehari-hari Pemicu Kanker

Jumat, 28 Februari 2014 – 12:43 WIB
6 Benda Sehari-hari Pemicu Kanker - JPNN.COM

jpnn.com - KANKER merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang. Penyebabnya memang sebagian besar karena gaya hidup. Namun, tahukah anda jika ada beberapa hal yang kita temui sehari-sehari tapi justru bisa jadi penyebab kanker?

Ini dia enam benda yang kita temui sehari-hari namun disebutkan justru bisa memicu pertumbuhan sel kanker:

1. Baju anti kerut 

"Baju seperti ini memang terlihat keren, tapi jangan salah di dalamnya juga terdapat formaldehyde yang bisa menyebabkan kanker hidung dan pernapasan pada manusia," kata Sonya Lunder, MPH dari Enviromental Working Group, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (27/2).

Menurut California Enviromental Protection Agency, untuk menghindari kontak langsung formaldehyde dengan kulit, lebih baik pilih pakaian berkerut atau setidaknya cuci pakaian setelah dibeli.

2. Kentang goreng, keripik, roti

Akrilamida, bahan kimia yang digunakan untuk mengolah air limbah bisa bersembunyi di kentang goreng, keripik, roti, bahkan donat. Menurut direktur toksikologi RTI International, Timothy Fennell, ketika beberapa makanan kaya karbohidrat dimasak pada suhu tinggi, asparagin asam amino bereaksi dengan gula di dalam makanan. Reaksi kimia akrilimida pada tubuh bisa menyebabkan mutasi DNA yang mengakibatkan kanker.

"Lebih baik gunakan suhu rendah dan waktu memasak yang lebih singkat. Jika makanan digoreng, usahakan jangan sampai terlalu cokelat. Lalu saat mengolah kentang, rendamlah dulu selama dua jam," kata Fennell.

KANKER merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang. Penyebabnya memang sebagian besar karena gaya hidup. Namun, tahukah anda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA