Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Kiat Mencegah Berkeringat Setelah Mandi

Senin, 07 Oktober 2019 – 04:08 WIB
6 Kiat Mencegah Berkeringat Setelah Mandi - JPNN.COM
Ilustrasi tangan berkeringat. Foto:isigood

jpnn.com - Kita senua tampaknya pernah berkeringat meski baru saja selesai mandi. Rasanya pingin mandi lagi supaya badan kembali segar. Kalau sudah begini haruskah kita mandi lagi?

Mencegah berkeringat setelah mandi

Meski berkeringat setelah mandi umum terjadi dan tak perlu dikhawatirkan, tetapi kejadiannya bisa bikin dongkol. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, yaitu:

  1. Jika baru saja selesai berolahraga, sebaiknya tunggu selama 20-30 menit sebelum akhirnya pergi ke kamar mandi untuk mandi. Jeda waktu ini dapat membantu tubuh menyesuaikan suhu dengan kondisi setelah berolahraga.
  2. Hindari mandi dengan air dengan suhu yang lebih tinggi (panas). Jika memang harus mandi dengan hangat, basuh seluruh tubuh dengan air dingin sebelum mengakhiri mandi. Tujuannya adalah agar tidak ada uap panas yang tertinggal di tubuh dan menyebabkan kegerahan.
  3. Pastikan sirkulasi udara di kamar mandi Anda optimal agar kelembapan di kamar mandi terjaga dengan baik. Anda pun dianjurkan untuk langsung keluar dari kamar mandi setelah “ritual” selesai dilakukan.
  4. Saat mengeringkan tubuh selesai mandi, jangan menggosoknya, cukup ditepuk-tepuk ringan saja sehingga tidak menimbulkan panas. Pastikan juga untuk menggunakan handuk yang mampu menyerap air dengan baik.
  5. Apabila Anda masih merasa gerah setelah keluar dari kamar mandi, basahkan kain atau handuk dengan air dingin dan usapkan pada wajah dan kepala Anda supaya suhu tubuh menurun.
  6. Jika suhu udara cukup panas, kenakan pakaian yang tipis berbahan nyaman, sehingga tidak akan membuat Anda berkeringat setelah mandi. Kalau perlu, nyalakan kipas atau pendingin ruangan agar suhu ruangan menjadi lebih sejuk.

Berkeringat setelah mandi bukanlah hal berbahaya yang mesti dikhawatirkan. Meski demikian, kondisi tersebut bisa bikin dongkol, karena pada dasarnya tujuan mandi adalah supaya tubuh bersih dan segar.

Apabila sudah menerapkan tips di atas tapi Anda tetap saja berkeringat sehabis mandi, atau keringat terus mengucur tanpa sebab yang jelas, sebaiknya buat janji untuk konsultasi dengan dokter. Karena, ada kemungkinan penyebabnya adalah kondisi medis yang harus ditangani.(NB/RN)

Meski berkeringat setelah mandi umum terjadi dan tak perlu dikhawatirkan, tetapi kejadiannya bisa bikin dongkol.

Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close