Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Penambang Tewas Tertimbun, Si Bos jadi Tersangka, Tuh Orangnya

Selasa, 02 November 2021 – 04:59 WIB
6 Penambang Tewas Tertimbun, Si Bos jadi Tersangka, Tuh Orangnya - JPNN.COM
Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin berbincang dengan DB, pemodal tambang emas tradisional yang kini menjadi tersangka tewasnya enam pekerjanya, Senin (1/11). Foto: ANTARA/Norjani

jpnn.com, SAMPIT - Polres Kotawaringin Timur menetapkan pria berinisial DB sebagai tersangka insiden tewasnya enam penambang akibat tertimbun longsor di Desa Tumbang Torung, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Kamis (28/10).

Tersangka sudah ditahan di Mapolres Kotawaringin Timur. Barang bukti dalam kejadian itu juga sudah dibawa ke Sampit untuk kepentingan penyidikan.

"Tersangka DB ini sebagai pemilik, pemodal, penanggung jawab serta yang menyuruh kegiatan pertambangan itu. Selain tidak berizin, dia juga tidak membekali pekerjanya dengan standar keselamatan kerja," kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin di Sampit, Senin.

Awalnya DB mempekerjakan sebelas penambang untuk menambang emas di lahan miliknya yang diperkirakan memiliki potensi emas.

DB memberikan upah kepada masing-masing pekerja berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Sebelas orang penambang itu adalah Dibau, Hendrik, Lotek, Epra alias Ipon, Wawa alias Edut, Muhammad Azimi, Ahmadi, Titin, Yogi, Andre dan Ipey. Mereka bukan warga setempat, tetapi berasal dari sejumlah kecamatan di Kotawaringin Timur, bahkan ada yang dari Kabupaten Murung Raya.

Saat kejadian, tersangka DB yang merupakan perangkat desa tidak berada di lokasi penambangan, tetapi di Desa Sungai Ubar, Kecamatan Cempaga Hulu.

Hanya para penambang suruhannya yang saat itu sedang bekerja secara tradisional menggunakan mesin pompa air kemudian menyaring tanah untuk mencari butiran atau serbuk emas.

Pemodal pertambangan yang menewaskan enam penambang emas ditetapkan sebagai tersangka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close