Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Pernyataan Sikap PB PGRI terhadap New Normal Dunia Pendidikan

Sabtu, 30 Mei 2020 – 19:43 WIB
6 Pernyataan Sikap PB PGRI terhadap New Normal Dunia Pendidikan - JPNN.COM
Ilustrasi new normal. Foto: ngopibareng/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) memandang serius persoalan pandemi Covid-19. Kasus terkonfirmasi positif setiap hari masih cukup tinggi.

Tercatat hingga Jumat, 29 Mei 2020, pertambahan kasus positif secara nasional masih di atas 600 orang, meski data di beberapa daerah menunjukkan turunnya pertumbuhan reproduksi virus atau basic reproduction number (Rt).

Terkait hal tersebut, pemerintah berencana mempersiapkan beberapa daerah untuk memulai kehidupan normal baru atau new normal.

"Kami menyadari, kehidupan new normal memang harus berjalan, termasuk dunia pendidikan. Namun, khusus dunia pendidikan, kami memandang perlu kecermatan dan kehati-hatian yang tinggi dalam mempersiapkan memasuki kehidupan new normal," tutur Ketum PB PGRI Unifah Rosyidi, dalam pernyataan resminya, Sabtu (30/5).

Mengenai new normal dunia pendidikan, PB PGRI menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Dalam menjalankan tatanan new normal dunia pendidikan, keselamatan dan kesehatan anak-anak menjadi prioritas utama dengan tetap memperhatikan pemenuhan hak-hak anak dalam memperoleh pelayanan pendidikan.

2. PGRI memandang tahun akademik tetap dapat dilaksanakan bulan Juli 2020 dengan pelaksanaan pembelajaran secara daring, blended learning, atau luring dengan protokol kesehatan yang sangat ketat agar sekolah tidak menjadi cluster baru dalam penyebaran Covid-19.

3. PGRI mengapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan beberapa pemerintah daerah yang telah membuat guideline atau panduan dan SOP pelaksanaan sesuai protokol kesehatan. Hal ini sesuai dan sejalan dengan usulan PGRI yang dikemukakan beberapa waktu lalu.

Ada enam pernyataan sikap PB PGBRI terhadap pemberlakuan New Normal Dunia Pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close