Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

60 Persen Usaha Rakyat Gulung Tikar

Jumat, 15 Maret 2013 – 09:52 WIB
60 Persen Usaha Rakyat Gulung Tikar - JPNN.COM
PANGKALPINANG - Sebanyak 60 persen kelompok usaha bersama (Kube) di dalam provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang mendapat program bantuan dari pemerintah tak berjalan alias gulung tikar. Ini terjadi karena kurangnya mental semangat usaha serta kebersamaan dari penerima bantuan untuk berwirausaha, meski mendapatkan pembinaan pihak Dinas Kesejahteraan Sosial (Kadiskessos) pemprov kepulauan Babel.

Kadiskessos Babel Sahirman Jumli mengatakan, dari sekitar 500 kelompok Kube yang pernah mendapat bantuan, 60 persen diantaranya tidak berjalan sesuai harapan, hanya sekitar 40 persen yang dikategorikan berkembang dan sesuai harapan.

"Mentalitas semangat berusaha yang kurang dan kebersamaan penerima bantuan sangat mementukan keberhasilan Kube. Padahal pembinaan terus dilakukan oleh pihak Dinkessos Babel. Setelah diberikan bantuan sebenarnya tidak  langsung kita tinggalkan, diberikan pendampingan dan dimonitoring," kata Sahirman di ruang kerjanya, Kamis (14/3).

Orang nomor satu di Dinkessos Babel ini menjelaskan, bantuan Kube tersebut ditujukan bagi keluarga kurang mampu guna meningkatkan perekonomian keluarga. Satu kelompok Kube terdiri dari 10 orang. Untuk jenis usaha yang mendapatkannya beragam, seperti warung sembako, warung makan, dan lainnya. Dimana, jika usahanya berlanjut, maka akan diajukan kembali dan akan mendapat bantuan selanjutnya untuk mengembangkan usaha.

PANGKALPINANG - Sebanyak 60 persen kelompok usaha bersama (Kube) di dalam provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang mendapat program bantuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close