Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Sumber Antioksidan Terbaik untuk Tubuh

Senin, 23 September 2019 – 22:41 WIB
7 Sumber Antioksidan Terbaik untuk Tubuh - JPNN.COM
Bayam mengandung zat besi dan bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Antioksidan bisa diproduksi dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan. Fungsi antioksidan pada dasarnya adalah untuk membantu mempertahankan sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya, yang dikenal sebagai radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dihasilkan tubuh dari beberapa faktor, seperti asap, debu, polusi udara, serta kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak.

Ketika radikal bebas di dalam tubuh menumpuk, hal ini bisa menyebabkan keadaan yang dikenal sebagai stres oksidatif. Hal ini bisa merusak DNA dan struktur penting lainnya dalam sel tubuh. Sayangnya, stres oksidatif kronis bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Untuk mencegahnya, dibutuhkan senyawa antioksidan yang akan mendonorkan satu elektronnya pada radikal bebas yang tidak stabil. Dengan demikian radikal bebas ini bisa dinetralkan dan tidak lagi mengganggu metabolisme tubuh.

Konsumsi makanan ini untuk mencegah radikal bebas

Berikut adalah beberapa sumber antioksidan yang dapat membantu Anda menangkal radikal bebas. Konsumsi setiap hari untuk mendapatkan perlindungan maksimal:

1. Anggur

Anggur, terutama yang berwarna gelap, banyak mengandung phytochemical, antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Anggur mengandung dua macam phytochemical yaitu, anthocyanin dan proanthocyanidin, yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, anggur juga mengandung vitamin C dan selenium.

Berikut adalah beberapa sumber antioksidan yang dapat membantu Anda menangkal radikal bebas. Konsumsi setiap hari untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close