Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

70 Persen Sawah Tidak Berfungsi Maksimal

Sabtu, 08 September 2012 – 16:10 WIB
70 Persen Sawah Tidak Berfungsi Maksimal - JPNN.COM
TOUNA - Tujuh lokasi jaringan irigasi dari delapan jumlah irigasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Tojo Unauna (Touna) rupanya belum didukung dengan penyiapan sarana dan prasarana jaringan tersier sawah. Delapan irigasi itu, terletak di Borone Kiri dan Kanan, Betauwa, Tayawa, Lemoro, Kabalo, Mawomba dan Uekuli.

Sekira 70 persen khususnya jaringan tersier sawah ujar Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Distanbunak dan Keswan) Touna, Ir Taslim Lasupu tidak berfungsi maksimal.

Ada dua kendala yang mendera masalah tersebut, yaitu belum terbangunnya jaringan tersier di lokasi irigasi dan kondisi jaringan tersier yang rusak parah, akibat dihantam musibah banjir belum lama ini. “Banyak sawah tidak berfungsi. Prasarana kita yang masih lemah. Ini persoalan, bagaimana kalau prasarana kita tidak bagus. Sama seperti mobil tua dipaksa berlari cepat,” kata Taslim kepada Radar Sulteng (Grup JPNN).

Dua kendala tersebut aku Taslim pria lulusan Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Sidera Donggala (sekarang Kabupaten Sigi) tahun 1988 ini, merupakan pekerjaan yang harus dituntaskan. Terkait dengan belum terbangunnya jaringan tersier sawah kata dia, tahun ini dibangun desain perencanaan pembangunan jaringan tersier sebelum tahun 2013. “Estimasi kasar, maksimal pembangunan irigasi sekitar + Rp15 miliar,” ujarnya.

TOUNA - Tujuh lokasi jaringan irigasi dari delapan jumlah irigasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Tojo Unauna (Touna) rupanya belum didukung dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close