70 Tahun Perang Dingin, Tiongkok dan Vatikan Mulai Jalin Kemesraan

Sabtu, 15 Februari 2020 – 15:52 WIB
70 Tahun Perang Dingin, Tiongkok dan Vatikan Mulai Jalin Kemesraan - JPNN.COM
Uskup Agung Paul Gallagher dan Menlu Tiongkok Wang Yi bertemu di Munich. Foto: AFP

jpnn.com, MUNICH - Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade terakhir, pejabat tinggi dari Vatikan dan Tiongkok menggelar pertemuan di Munich pada Jumat (14/2).

Pertemuan tak terduga antara Uskup Agung Paul Gallagher dan Menlu Wang Yi itu berlangsung di sela-sela sebuah konferensi keamanan.

Kedua pejabat itu membahas kesepakatan bersejarah 2018 antara Roma dan Beijing yang memberi Vatikan wewenang untuk menetapkan para uskup.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa kedua belah pihak sepakat melanjutkan pembicaraan institusional, bilateral yang bertujuan memberi manfaat bagi Gereja Katolik maupun masyarakat Tiongkok.

Hubungan antara Vatikan dan Beijing telah meningkat sejak kesepakatan 2018. Umat Katolik konservatif keberatan dengan kesepakatan itu dan menuduh Vatikan berkhianat demi pemerintah komunis tersebut.

Umat Katolik di Tiongkok telah keluar dari setengah abad lebih perpecahan. Sebelumnya mereka terpecah antara gereja resmi yang didukung negara, dan gereja bawah tanah yang tetap loyal kepada Roma. Kedua pihak sekarang mengakui Paus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik.

Pertemuan pada Jumat itu merupakan perkembangan terbaru dalam serangkaian tanda peningkatan hubungan kedua negara dalam beberapa pekan terakhir.

Bulan lalu, Paus memuji apa yang ia sebut sebagai komitmen hebat Tiongkok untuk mengatasi wabah virus corona. Badan amal Vatikan kemudian mengirim ratusan ribu masker medis ke Tiongkok sebagai tanda iktikad baik.

loading...