Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

740 Desa di Kalbar Belum Berlistrik

Sabtu, 03 Maret 2012 – 20:44 WIB
740 Desa di Kalbar Belum Berlistrik - JPNN.COM
PONTIANAK--Banyak desa di Kalimantan Barat yang belum menikmati benderangnya listrik. Berdasarkan data dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalbar, dari total 1.804 desa di provinsi ini, tercatat baru 1.064 desa yang sudah berlistrik. Dengan demikian, masih ada 740 desa yang belum berlistrik atau tidak tersentuh jaringan listrik PLN.

Kepala Dinas ESDM Kalbar, Agus Aman Sudibyo mengakui, rasio desa berlistrik di daerah ini masih jauh di bawah tingkat nasional. Rasio desa berlistrik adalah perbandingan jumlah desa yang sudah berlistrik dengan jumlah seluruh desa. "Rasio desa berlistrik di Kalbar terhitung baru 59 persen sedangkan di tingkat nasional mencapai sekitar 70 persen. Kita masih di bawah," katanya.

Menurut Agus, masalah ini menjadi salah satu isu strategis ESDM. Begitu pula dengan masalah lambannya pembangunan pembangkit listrik baru dan banyaknya potensi energi baru dan terbarukan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Untuk mengatasi masalah desa yang belum berlistrik atau tidak terjangkau jaringan listrik PLN, setiap tahun pemerintah memprogramkan bantuan PLTS terpusat atau tersebar, PLTMH (pembangkit listrik tenaga mikrohidro) dan pembangkit tenaga angin.

PONTIANAK--Banyak desa di Kalimantan Barat yang belum menikmati benderangnya listrik. Berdasarkan data dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close