Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

8 Bulan Diluncurkan, Begini Perkembangan Batam Logistics Ecosystem

Selasa, 23 November 2021 – 21:26 WIB
8 Bulan Diluncurkan, Begini Perkembangan Batam Logistics Ecosystem - JPNN.COM
Rapat evaluasi implementasi Batam Logistics Ecosystem yang dihadiri perwakilan Komenko Marves pada Jumat (19/11). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BATAM - Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam Ambang Priyonggo memaparkan perkembangan terkini Batam Logistics Ecosystem (BLE) sejak diluncurkan Maret 2021 lalu.

Dia menyampaikan progres dan capaian empat pilar utama BLE pada rapat evaluasi yang dipimpin perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Komenko Marves) yang berkunjung ke Batam, Jumat (19/11).

"Empat pilar utama BLE, yaitu simplifikasi antarlayanan pemerintah, kolaborasi sistem layanan logistik antarpelaku usaha, layanan pembayaran, dan perbaikan infrastruktur," jelas Ambang melalui keterangan yang diterima Selasa (23/11).

Ambang menjelaskan untuk progres dan capaian simplifikasi antarlayanan pemerintah (Government to Government) hingga 15 Oktober sudah tercatat 71 transaksi layanan Ship to Ship dengan sistem Single Submission (SSm).

“Saat ini kami sedang proses penyusunan Service Level Agreement (SLA) dan pengembangan utilitas kolaborasi STS tersebut,” papar Ambang yang juga Pengarah Tim BLE KPU Bea Cukai Batam.

Untuk layanan persetujuan kedatangan kapal hingga 12 November sudah tercatat 3.182 transaksi.

Kemajuan lainnya adalah bersama Lembaga National Single Window (LNSW) dikembangkan SSm untuk pengangkut, sehingga agen pelayaran cukup menyampaikan seluruh informasi terkait kedatangan atau keberangkatan kapal satu kali saja ke Sistem Indonesia National Single Window (INSW).

Kolaborasi sistem layanan logistik antarpelaku usaha juga menunjukkan perkembangan.

Sejak diluncurkan Maret 2021, Batam Logistics Ecosystem mengalami banyak perkembangan. Apa saja?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close