Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

8 Daerah Siaga Banjir Bandang, Warga Jatim Harap Waspada

Minggu, 07 November 2021 – 06:21 WIB
8 Daerah Siaga Banjir Bandang, Warga Jatim Harap Waspada - JPNN.COM
Tim SAR gabungan dan BNPB membersihkan banjir bandang. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bencana untuk daerah Jawa Timur (Jatim).

BMKG menyebut sebanyak delapan daerah di wilayah tersebut siaga banjir bandang, sehingga warga Jatim diminta lebih waspada.

Koordinator bidang data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan status siaga tersebut merupakan hasil prakiraan cuaca berbasis dampak yang dikeluarkan oleh BMKG Jakarta.

"Delapan daerah itu, masing-masing Magetan, Ngawi, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Malang dan Blitar," kata di Sidoarjo, Sabtu (6/11).

Menurutnya, potensi hujan lebat akan terjadi di delapan wilayah Jatim tersebut dan diprediksi terjadi pada 7-8 November 2021.

"Tingginya curah hujan akan berpengaruh pada kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang, atau bencana hidrometeorologi lainnya," ujar Teguh.

Selain itu, beberapa daerah lain yang berstatus waspada, yakni Magetan, Madiun, Nganjuk, Kota Surabaya, Gresik, Bangkalan, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi.

"Detail informasi prakiraan berbasis dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link berikut; https://signature.bmkg.go.id," ujarnya.

BMKG menyebut sebanyak delapan daerah di wilayah tersebut siaga banjir bandang, sehingga warga Jatim diminta lebih waspada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close