Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

8 Manfaat Minum Kopi

Kamis, 28 Februari 2019 – 15:03 WIB
8 Manfaat Minum Kopi - JPNN.COM
Kopi. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Kopi kini lebih dari sekadar minuman, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Bagi pencinta kopi, sehari tanpa kopi rasanya tak lengkap.

Namun, jika Anda merasa beberapa waktu belakangan sudah terlalu banyak ngopi (misalnya lebih dari 4 cangkir per hari) dan ingin berhenti sementara atau menguranginya, ada beberapa perubahan yang akan Anda alami.

Minum kopi memang sering kali menimbulkan efek samping seperti nyeri ulu hati atau diare. Namun, di balik itu, sebetulnya kopi membawa banyak kebaikan untuk tubuh. Berbagai manfaat rutin minum kopi antara lain:

  • Meningkatkan level energi dan kecerdasan
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Melindungi dari penyakit Alzheimer dan demensia
  • Membantu penurunan berat badan
  • Mengobati depresi dan membuat lebih bahagia
  • Membantu meningkatkan asupan serat
  • Memperpanjang umur

Dikatakan oleh dr. Melyarna Putri, MPH, M.Gizi, dari KlikDokter, ini karena kopi merupakan zat kompleks yang terdiri atas 1.000 komponen bioaktif di dalamnya.

Beberapa komponen bioaktif tersebut terbukti memiliki beragam manfaat sehat, karena bisa berperan sebagai antioksidan, antiradang, bahkan antikanker.

“Konsumsi kopi sebanyak 3-4 gelas per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, penyakit saraf, penyakit hati, serta penyakit metabolik seperti diabetes,” ujar dr. Melyarna.

Nah, itulah nilai plus kopi jika dikonsumsi secara rutin dan benar (diminum tanpa tambahan seperti krimer atau pemanis tambahan lainnya).

Namun, tak jarang orang mengonsumsi kopi berlebihan, apalagi jika minuman berkafein lainnya seperti minuman bersoda atau minuman berenergi juga turut dikonsumsi.

Minum kopi memang sering kali menimbulkan efek samping seperti nyeri ulu hati atau diare. Namun, di balik itu, sebetulnya kopi membawa banyak kebaikan untuk tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close