Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

9 Tahun Hilang di Suriah, Dewi Puspita Akhirnya Ditemukan

Kamis, 19 September 2019 – 23:22 WIB
9 Tahun Hilang di Suriah, Dewi Puspita Akhirnya Ditemukan - JPNN.COM
Dewi Puspita, TKW asal Sukabumi yang bekerja di Suriah ditemukan. Foto: Istimewa/Radar Sukabumi

jpnn.com, SUKABUMI - Dewi Puspita, seorang tenaga kerja wanita atau Pekerja Migran Wanita (PMW) asal Kampung Cijambe, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya ditemukan setelah dikabarkan hilang selama 9 tahun di Suriah.

“Buruh migran ini ditemukan dalam hitungan hari oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Damaskus, Suriah. Setelah kami mengirim surat ke berbagai instansi terkait,” kata Tim Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Riyadh Arab Saudi Agus Gia, Kamis (19/9).

Saat ditemukan, Dewi Puspita dalam kondisi sehat, baik jasmani maupun rohani. Dari keterangan yang ada, SBMI Riyadh mendapatkan laporan dari keluarga pekerja migran asal Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat pada tanggal 15 Juli 2019.

Lalu pada tanggal 17 Juli 2019 pihaknya bersurat kepada Bupati Sukabumi, Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Damaskus dan beberapa instansi terkait lainnya.

Tak lama, kasus hilang kontak PMW asal Sukabumi ini langsung diproses oleh KBRI. Hanya dalam hitungan hari, tepatnya pada Agustus kemarin, KBRI Damaskus berhasil menemukan Dewi Puspita dalam keadaan sehat di negara yang sedang mengalami konflik tersebut.

Lalu, pada awal September, SBMI diberi tahu bahwa PMW yang hilang kontak sejak 010 lalu telah ditemukan dan dibawa ke shelter KBRI Damaskus. Agus Gia sendiri mengapresiasi langkah cepat KBRI Damaskus dalam mencari pekerja migran yang hilang kontak tersebut. “Kami berharap Dewi bisa segera pulang ke Sukabumi,” harapnya.

Informasi terkini, Dewi akan dibawa ke KBRI Beirut, Lebanon, untuk proses pemulangan ke Indonesia.

Dijelaskan Agus, tim selalu berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI-BH) Divisi Suriah pada Kemenlu RI dan Staf KBRI Damaskus dalam proses pencarian Dewi.

Saat ditemukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Damaskus, Suriah, Dewi Puspita dalam kondisi sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close