Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AAGN Ari Dwipayana: Pemerintah Harus Siapkan SDM Unggul

Kamis, 14 November 2019 – 13:16 WIB
AAGN Ari Dwipayana: Pemerintah Harus Siapkan SDM Unggul - JPNN.COM
AAGN Ari Dwipayana. Foto: Dok Pri

jpnn.com, BALI - Sekretaris Jenderal PP Kagama AAGN Ari Dwipayana mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi pemerintah adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Menurut dia, SDM itu harus bisa menggerakkan dan memanfaatkan teknologi Revolusi Industri 4.0.

“Hal itu untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional, daya saing, dan kesejahteraan sosial," ujar Ari dalam Seminar Nasional Pra-Munas Kagama dengan tema Kesiapan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Roadmap Pembangunan SDM Indonesia di Bali, Kamis (14/11).

Becermin pada data dari World Economic Forum dan peringkat Indonesia di Global Innovation Indeks (GII) 2019, Ari mengatakan bahwa posisi Indonesia tertinggal jauh.

Menurut Ari, diperlukan usaha-usaha luar biasa untuk memacu tingkat inovasi nasional, baik pada input maupun output.

"Penting dan urgen untuk menaruh perhatian pada sektor pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan kewirausahaan, selain pembenahan-pembenahan struktural pada ekosistem politik, riset dan reproduksi pengetahuan, ekonomi, penegakan hukum, dan keuangan," jelas Ari.

Ari menjelaskan, di bidang pendidikan, survei terbaru pada 2015 Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) menunjukkan literasi peserta didik usia 15 tahun (diukur dari kemampuan membaca) tergolong rendah.

Menurut Ari, skor rata-rata anak didik Indonesia hanya 403 untuk sains (dari rata-rata skor anak didik negara yang diteliti 493), 397 untuk membaca (rata-rata 493) dan 386 untuk matematika (rata-rata 490).

Sekretaris Jenderal PP Kagama AAGN Ari Dwipayana mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi pemerintah adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close