Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Batu di Mars yang Membentuk Wajah Beruang, Ini Penjelasannya

Jumat, 03 Februari 2023 – 23:55 WIB
Ada Batu di Mars yang Membentuk Wajah Beruang, Ini Penjelasannya - JPNN.COM
Kamera wahana NASA yang mengorbit Mars menangkap formasi yang menyerupai wajah beruang di permukaan planet itu. (NASA/JPL-Caltech/UArizona)

Sebuah foto yang diambil dari wahana NASA yang mengorbit Planet Mars kini menjadi bahan pembicaraan karena sangat mirip dengan wajah seekor beruang. Benarkah ada beruang di Mars?

Penemuan tak terduga ini merupakan hasil dari sebuah kamera di wahana Mars Reconnaissance Orbiter, yang disebut Eksperimen Pencitraan Resolusi Tinggi, atau HiRISE, yang menangkap fitur geologis yang tak biasa pada bulan Desember.

Biasanya, foto resmi HiRISE hanya dilihat oleh beberapa ribu pengguna Twitter — tapi saat foto itu dibagikan dan di-retweet pada hari-hari berikutnya, jumlah yang melihatnya bertambah menjadi 350.000.

University of Arizona, yang mengoperasikan kamera tersebut, membagikan gambar tersebut pada 26 Januari 2023.

Tampak ada dua kawah seperti dua mata manik-manik. Juga sebuah bukit dengan struktur runtuhan berbentuk V menyerupai moncong.

Selanjutnya ada pola patahan melingkar membentuk kepala.

"Pola fraktur melingkar mungkin disebabkan oleh pengendapan deposit di atas kawah tubrukan yang terkubur," demikian penjelasan Lunar and Planetary Laboratory Universitas Arizona.

"Mungkin hidungnya adalah lubang vulkanik atau lumpur dan endapannya bisa berupa lava atau aliran lumpur?" tambahnya.

Sebuah foto yang diambil dari wahana NASA yang mengorbit Planet Mars kini menjadi bahan pembicaraan karena sangat mirip dengan wajah seekor beruang

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close