Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Ladang Ganja di Kawasan Bromo

Hasil Laboratorium, Diduga Jenis Baru

Selasa, 07 Januari 2014 – 08:38 WIB
Ada Ladang Ganja di Kawasan Bromo - JPNN.COM

jpnn.com - PASURUAN - Empat tanaman ganja yang diduga jenis baru ditemukan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya, di Blok Gunung Mungal, termasuk Dusun Kandangsari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, dengan ketinggian 2.315 di atas permukaan air laut (dpl).

Untuk memastikan kandungan serta jenis ganja itu, polisi kini masih menelitinya. "Barang bukti kami bawa ke laboratorium polda guna diteliti lebih lanjut," terang Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Salim tadi malam.

Tanaman itu ditemukan oleh Isroil cs, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (28/12) lalu. Ketika itu Isroil yang tercatat sebagai karyawan PT Kutai Timber Indonesia (KTI) bermaksud memeriksa tanaman.

Selama ini pihak TNBTS memang bekerja sama dengan Jepang untuk program konservasi di kawasan TNBTS. Untuk pelaksanaan program itu, Jepang menunjuk PT KTI sebagai pelaksana di lapangan. Mereka juga bertugas mengawasi dan memelihara tanaman.

Nah, Sabtu lalu, bersama beberapa rekannya dari KTI, Isroil melakukan pemeriksaan seperti biasa. Beberapa kawasan pun mereka kitari. "Dia (Isroil) kan pekerja di PT KTI," kata, Sarmin, Kasi wilayah 1 Balai Besar TNBTS, Pasuruan-Probolinggo.

Saat sampai di Blok Gunung Mungal, perhatian Isroil tertuju pada empat tanaman yang tampak berbeda dengan yang lain. Dari bentuk fisiknya, tanaman itu lebih menyerupai pohon ganja. Sementara, jenis yang ditanam di kawasan setempat adalah cemara gunung dan akasia.  "Karena (Isroil) nggak tahu itu tanaman apa, dia melapor ke kantornya, yaitu PT KTI," urai Sarmin, yang ditemui di lokasi penanaman tersebut.

Setelah menerima laporan itu, PT KTI berkoordinasi dengan TNBTS di Malang. Tak lama kemudian, pihak TNBTS wilayah 1 yang membawahkan wilayah Pasuruan-Probolinggo dikabari tentang temuan tersebut. "Minggu (29/12) kami diminta menjaganya dulu," ujar Sarmin.

Esok harinya, Senin (30/12) sekitar pukul 10. 00, dia mendapat instruksi dari TNBTS wilayah Malang. Dia diminta kembali mengecek tanaman yang ditemukan tiga hari sebelumnya itu. Dari sanalah dia semakin yakin bahwa empat tanaman itu adalah ganja.

PASURUAN - Empat tanaman ganja yang diduga jenis baru ditemukan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya, di Blok Gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA