Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini

Sabtu, 06 April 2019 – 00:00 WIB
Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas lembaga survei saat ini menempatkan elektabilitas Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) di atas Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno. Namun, ada lembaga survei yang memosisikan elektabilitas Prabowo - Sandi jauh di atas duet Jokowi - Ma’ruf.

Adalah lembaga survei Bimata Politica Indonesia (BPI) yang menempatkan elektabilitas Prabowo - Sandi di angka 55,19 persen. Sebaliknya, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf sebagai petahana hanya 36,3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif BPI Panji Nugraha, survei lembaga pimpinannya pada 23-29 Maret 2019 itu memperlihatkan adanya perubahan yang sangat dinamis. "Perubahan elektabilitas kedua kandidat dalam sebulan ini, bahkan hari-hari terakhir sebelum pemilihan, cenderung sangat dinamis dan mengikuti isu per isu," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (5/4).

Panji menjelaskan, ada sejumlah isu yang menyebabkan migrasi pemilih Jokowi - Ma’ruf ke Prabowo - Sandi. Di antaranya adalah isu netralitas aparatur negara dan korupsi di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga:

Elektabilitas Prabowo Terus Naik, Sayangnya...

Prabowo Unggul di Banten, Jabar & DKI, tetapi Jokowi Belum Tertandingi

Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini

Pada saat mayoritas lembaga survei mengunggulkan Jokowi - Ma'ruf, ada pollster bernama Bimata Politica Indonesia (BPI) yang menempatkan elektabilitas Prabowo - Sandi di atas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close