Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Toilet Umum Transparan di Taman, Siapa Berani Masuk?

Jumat, 11 September 2020 – 13:51 WIB
Ada Toilet Umum Transparan di Taman, Siapa Berani Masuk? - JPNN.COM
Toilet transparan di taman Tokyo. Foto: Antara/Philip FONG AFP/File

jpnn.com, JAKARTA - Toilet di sebuah taman di kawasan Tokyo, Jepang, ini menguji keberanian penggunanya. Toilet itu terbuat dari kaca transparan sehingga isinya dapat terlihat dari luar.

Tetapi untungnya dinding berubah jadi buram ketika Anda mengunci pintunya.

Saat sedang tidak dipakai, tiga toilet umum ini terlihat tembus pandang, dengan kaca warna ungu untuk toilet pria, merah muda untuk toilet perempuan dan warna kuning untuk toilet yang bisa dipakai difabel atau orang tua yang ingin mengganti popok bayi.

Dinding kaca menjadi transparan berkat arus listrik yang mengalir. Ketika pintu dikunci, arus listrik terputus sehingga pengguna toilet bisa buang hajat tanpa takut dilihat dari luar.

Ini artinya pengguna toilet tak perlu takut bisa diintip jika listrik tiba-tiba terputus.

Dilansir AFP, toilet transparan ini bagian dari proyek Nippon Foundation yang menugaskan sejumlah arsitek terkemuka untuk merancang ulang fasilitas umum.

Toilet transparan di Yoyogi Fukamachi Mini Park adalah karya arsitek Shigeru Ban yang ingin mengatasi beberapa kekhawatiran orang mengenai toilet umum, kata pejabat komunikasi Nippon Foundation Kana Saji.

"Dengan membuat toilet tembus pandang, kita bisa mengurangi kekhawatiran orang tentang kebersihan, juga keamanan, karena kau bisa lihat tidak ada orang yang bersembunyi di dalamnya," katanya kepada AFP.

Toilet di sebuah taman ini menguji keberanian penggunanya. Sebab, toilet itu terbuat dari kaca transparan sehingga isinya dapat terlihat dari luar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close