Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Upaya Menarik Tokoh Militer Masuk Barisan Pendukung Anies Baswedan, Masa sih?

Selasa, 18 Juli 2023 – 08:50 WIB
Ada Upaya Menarik Tokoh Militer Masuk Barisan Pendukung Anies Baswedan, Masa sih? - JPNN.COM
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama bakal capres 2024 Anies Baswedan. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Senopati Syndicate Robi Sugara menilai Presiden Jokowi dapat menjaga netralitas TNI dan Polri di Pemilu Serentak 2024.

Menjaga netralitas TNI dan Polri sangat penting agar dua institusi tersebut tetap loyal pada kepentingan bangsa dan negara dan bukan pada kelompok tertentu.

"Jokowi bisa terus menegaskan tentang netralitas TNI serta Polri, sehingga mereka tetap loyal pada kepentingan bangsa dan negara," ujar Robi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (17/7).

Robi menilai, Jokowi mampu menjaga netralitas TNI dan Polri karena dia bukan petinggi partai politik atau ketua umum partai yang merupakan pihak berkepentingan dalam kontestasi pemilu.

Dengan demikian, kata Robi, Jokowi dapat mengarahkan TNI dan Polri untuk tetap netral dalam Pemilu 2024 dan tidak terbelah karena mendukung calon tertentu.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, Robi mengatakan TNI dan Polri berpotensi dimanfaatkan oleh peserta yang berkontestasi pada Pemilu 2024 untuk kepentingan memperbanyak dukungan suara.

Dia mencontohkan hal tersebut tampak dari safari politik atau road show yang dilakukan sejumlah tokoh bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Robi menyebutkan salah satunya ialah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki latar belakang militer.

Koalisi Perubahan disbeut sedang berupaya untuk menarik orang-orang dari latar belakang militer untuk masuk barisan pendukung Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close