Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Adian Napitupulu Buka Video Detik-Detik KPK Hendak Geledah Markas PDIP

Minggu, 19 Januari 2020 – 15:18 WIB
Adian Napitupulu Buka Video Detik-Detik KPK Hendak Geledah Markas PDIP - JPNN.COM
Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu memutar rekaman video upaya penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasuki Kantor DPP partai berlambang banteng moncong putih itu secara ilegal. Foto: Fathan Sinaga

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu memutar rekaman video upaya penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasuki Kantor DPP partai berlambang banteng moncong putih itu secara ilegal. Dari video itu, terlihat sejumlah penyelidik KPK menggunakan masker saat datang.

"Di video ini terlihat di situ proses kedatangan orang yang menyatakan dirinya KPK. Jadi terlihat biasa saja, tidak seperti yang digembar-gemborkan di media, ada upaya tolak-menolak," kata Adian dalam diskusi bertajuk 'Ada Apa di Balik Kasus Wahyu?' yang diselenggarakan Indonesia Law Reform Institute di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (19/1).

Adian menerangkan, penyelidik KPK saat itu ditolak kehadirannya di Kantor DPP PDIP. Dalam rekaman, terjadi diskusi antara penyelidik KPK dengan satuan petugas pengamanan di Kantor DPP PDIP. Adian memprediksi penyelidik KPK ingin masuk paksa ke dalam kantor tersebut.

"Mungkin dia berbicara mau menggeledah dan menyegel. Begitulah kira-kira, ya," kata Adian.

Anggota Komisi I DPR RI ini menambahkan, saat itu satuan petugas pengamanan menanyakan surat resmi penggeledahan itu. Namun, penyelidik KPK hanya mengibas-ngibaskan selembar surat tanpa menunjukkannya ke hadapan satuan petugas pengamanan.

"Mereka cuma bilang ini suratnya, mau menyegel, tetapi tidak berani ditunjukkan," kata dia.

Adian meminta KPK meminta maaf atas perbuatan ilegal itu. Menurut dia, sebagai lembaga penegak hukum, KPK seharusnya menjadi pihak pertama yang patuh asas hukum.

Di samping itu, Adian berharap Dewas KPK juga menyiarkan bahwa upaya penyegelan dan penyitaan di Kantor DPP PDIP itu belum mendapat izin. "Minta maaf saja, jangan merasa besar. Minta maaf membuktikan kita sebagai manusia yang punya rasa bersalah," tegas Adian. (tan/jpnn)

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu memutar rekaman video upaya penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasuki Kantor DPP partai berlambang banteng moncong putih itu secara ilegal

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close