Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Adidas Lepas Kontrak Kerjasama

Jumat, 20 Juni 2008 – 11:17 WIB
Adidas Lepas Kontrak Kerjasama - JPNN.COM
JAKARTA - Satu persatu perusahaan sepatu kelas dunia melepaskan kerjasama outsourcing-nya di Indonesia. Tahun lalu, Nike, meninggalkan perusahaan sepatu milik pengusaha Hartati Murdaya, kini Adidas meninggalkan perusahaan sepatu PT Prima Inreksa Industries.

    “Adidas memutus kontrak pengerjaan sepatu kepada PT Prima Inreksa Industries di Tangerang,” ujar Direktur Jenderal Industri  Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka (ILMTA) Departemen Perhubungan, Ansari Bukhari di gedung Depperin. Menurut dia, putus kontrak itu dilakukan Adidas karena supplier tidak mampu menyuplai sepatu  karena sedang terbelit masalah utang. Putus kontrak itu mengancam nasib 7.000 karyawan.

     Ansari mengaku perwakilan PT Prima Inreka sudah melapor ke Depperin sejak tiga bulan lalu untuk membicarakan kelangsungan operasional perusahaan. Selanjutnya, Departemen Perindustrian berupaya mencari jalan tengah dan mencoba memfasilitasi PT Prima Inreksa agar mendapat pinjaman sebesar USD 5 juta ke Bank BNI. Sayangnya, pihak Bank BNI angkat tangan. “Kita sudah mencoba memfasilitasi ke Bank BNI, tapi BNI angkat tangan, “ lanjutnya.

    Upaya Depperin tersebut ditolak BNI karena PT Prima Inreksa sudah tidak memiliki lagi aset yang dapat dijadikan jaminan, mengingat seluruh asetnya telah diagunkan sebelumnya. PT Prima Inreksa terbelit banyak utang kepada supplier (pemasok) maupun ke pihak buyer (pembeli) . Ansari memperkirakan utang perusahaan itu nilainya berkisar puluhan miliar rupiah. “Tidak ada lagi aset yang bisa dijaminkan,” ungkapnya.

    Dia menegaskan pemutusan kontrak yang dilakukan Adidas tersebut bukan karena iklim usaha yang tidak nyaman tapi lebih karena masalah di internal perusahaan. Persoalan manejemn di perusahaan terjadi akibat salah satu pemiliknya pindah keluar negeri. Namun Ansari mengaku tidak mengetahui peroslan sebenranya yang terjadi didalam manajemen perusahaan itu. “Penyebab masalah internalnya saya tidak tahu,” tegasnya.

    Pertengahan tahun lalu, perusahan sepatu kelas dunia, Nike, juga melakukan pemutusan kontrak kerjasama pembuatan sepatu di PT Aneka Shoes Industry (HASI) dan PT Nagasakti Paramashoes Industry (NASA). Dua perusahaan milik pengusaha Hartati Murdaya tersebut dinilai tidak bisa memproduksi sepatu sesuai kualitas yang diinginkan Nike. Sementara dalam kasus Adidas persolannnya lain. “PT Prima dinilai tidak bisa memenuhi suplai yang dibutuhkan Adidas,” cetusnya.

     Fenomena banyaknya industri sepatu yang diputus kontraknya, menurut Ansari karena industri ini sangat tergantung dari buyer sehingga dimasukan dalam industri yang dikategorikan footloose (tergantung dari pesanan). Namun begitu, menuut dia, kemungkinan Adidas tidak akan hengkang dari Indonesia dan tetap mengikat kontrak produksi di Indonesia. “Kemungkinan Adidas hanya mengalihkan pesanannya ke perusahaan lain,” jelasnya. (wir)

JAKARTA - Satu persatu perusahaan sepatu kelas dunia melepaskan kerjasama outsourcing-nya di Indonesia. Tahun lalu, Nike, meninggalkan perusahaan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close