Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Adu Gaya Cosplay dan Coswalk

Senin, 24 Desember 2018 – 17:43 WIB
Adu Gaya Cosplay dan Coswalk - JPNN.COM
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Dalam rangka merayakan ulang tahun komunitas pencinta festival Jepang, Japan Matsuri Surabaya, kemarin diadakan lomba cosplay dan coswalk di BG Junction.

Aflah, penanggung jawab lomba, mengatakan bahwa pada lomba coswalk, peserta berjalan di panggung dan menunjukkan atraksi. Sedangkan pada lomba cosplay, mereka hanya memamerkan karakter di bawah panggung. Ada banyak karakter di sana. Misalnya, tokoh anime dan game.

Saat lomba coswalk dimulai, ratusan penonton mendekat. Bahkan, mereka berebut berada di depan dan berdiri sehingga menutupi penonton lainnya. Ketika coswalker-nya cantik dan membawa aksesori atau senjata berukuran besar, mereka bersorak-sorai. Tak puas sampai di situ, para cosplayer dan coswalker kerap diminta berswafoto oleh para penonton.

Vanilla Vania, seorang peserta lomba cosplay, mengaku memerankan Kotori Minami. Kotori Minami adalah satu di antara sembilan tokoh utama serial Love Live. Dia berumur 16 tahun dan duduk di bangku kelas II SMP. Vania mengenakan baju, sarung tangan, serta sepatu merah dengan bulu putih. Aksesori bando tanduk rusa dan pita besar hijau di dada makin melengkapi suasana Natal yang dibawa. Kostum tersebut dibeli, kemudian detailnya dimodifikasi sendiri.

Menurut dia, banyak hal yang bisa didapat dari kegiatan cosplayer. Di antaranya, menambah teman, melatih diri belajar make-up, belajar menjahit, dan menambah pengalaman baru. "Pernah dibilang nggak mirip, nggak cantik. Sebelum terjun nggak terlalu bisa dan nggak terlalu suka," ujar perempuan yang sudah bekerja itu. Setelah masuk dunia cosplay, dia mulai belajar menjahit. Sekarang dia sudah bisa make-up karakter. 

Ada juga yang memerankan Sakura Kinomoto, yaitu Indah Sistya. Wanita bernama panggung Chimiyo Naii itu sudah dua tahun bergelut dalam dunia cosplay. Dalam kesempatan kemarin (23/12), dia ikut lomba coswalk. Kostum yang dikenakan berwarna putih-biru muda. Makin ciamik dengan sayap dan rok pendek mengembang. 

Dia sering ikut lomba cosplay atau sejenisnya. Karakter yang diperankan berbeda-beda, tapi suka karakter Sakura Kinomoto. Tokoh itu digambarkan sebagai tokoh yang suka memerangkap monster lewat kartu sihir. Karakter lain yang pernah dicobanya adalah Sailor Moon, Kotori Minami, Sakura, dan banyak lagi. (fit/c10/eko) 

Menurut dia, banyak hal yang bisa didapat dari kegiatan cosplayer. Di antaranya, menambah teman, melatih diri belajar make-up, belajar menjahit

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Cosplay 
BERITA LAINNYA
X Close