Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AGI Minta Proteksi Harga Gula

Kamis, 05 November 2009 – 10:10 WIB
AGI Minta Proteksi Harga Gula - JPNN.COM
JAKARTA--Asosiasi Gula Indonesia (AGI) minta pemerintah melakukan proteksi harga gula, sebelum petani mulai menanam tebu. Hal ini untuk melidungi petani dari jatuhya harga gula setelah panen.Menurut Ketua AGI Solo Seweko, sampai saat ini pemeritah belum melakukan proteksi gula. Padahal dengan adanya proteksi, harga gula akan lebih stabil dan tidak fluktuatif seperti yang terjadi sekarang.

"Harga bisa terkontrol kalau ada proteksi pemerintah," ucap Solo dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (5/11).

Selain itu AGI juga meminta pemerintah melakukan tatanan tata niaga dan distribusi gula. "Karena tata niaga dan distribusi gula tidak di tangan pemerintah, makanya pemerintah tidak bisa mengendalikan harga. Ke depan, pemerintah mungkin perlu memikirkan hal tersebut," tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam melindungi petani dan produsen dari liberalisasi perdagangan, pemerintah perlu melakukan berbagai proteksi. Yaitu biaya bea masuk, pembatasan impor secara ketat, floor price gula petani dan dana talangan sebelum gula terjual. (Esy/jpnn)

JAKARTA--Asosiasi Gula Indonesia (AGI) minta pemerintah melakukan proteksi harga gula, sebelum petani mulai menanam tebu. Hal ini untuk melidungi

Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA