Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahli Cyber Security atau Elite Hacker? Begini Penjelasan Pakar IT

Senin, 12 September 2022 – 21:30 WIB
Ahli Cyber Security atau Elite Hacker? Begini Penjelasan Pakar IT - JPNN.COM
Pakar IT yang juga komisaris maplecode.id Ahmad Faizun mengingatkan pentingnya benteng nasional berupa internet mandiri untuk Indonesia. Foto: Dokumen pribadi Ahmad Faizun.

jpnn.com - JAKARTA - Publik Indonesia saat ini tengah dihebohkan oleh hacker Bjorka yang akun @bjorkanism di Twitter, memamerkan beberapa aksinya dalam membobol data pemerintah, termasuk rangkaian surat rahasia yang ditujukan untuk Presiden Jokowi.

Pakar information technology Ahmad Faizun mengingatkan pentingnya benteng nasional berupa internet mandiri untuk Indonesia. 

Menurut dia, internet mandiri dengan seluruh tingkat kerumitan yang baru, akan mampu melindungi infrastruktur sistem informasi pemerintah yang kokoh secara terintegrasi.

“Hanya dengan solusi ini, maka penerapan UU Perlindungan Data nanti akan sungguh-sungguh dapat melindungi data warga negara Indonesia secara teknikal, tanpa kecuali,” kata Faizun melalui keterangan tertulisnya, Senin (12/9). 

Ahmad Faizun yang juga komisaris maplecode.id itu mengatakan tanpa internet mandiri, UU Perlindungan Data hanya bersifat represif dan ancaman apabila dilanggar, tanpa memiliki solusi perlindungan kokoh dan terintegrasi seperti yang sekarang dimiliki pemerintah Rusia dan beberapa negara maju lainnya.

Menurut dia, jika pertahanan sistem informasi lembaga pemerintah yang silos dan relatif terbuka untuk warga dunia, karena masih bergabung dengan sistem internet dunia secara apa adanya, tidak segera diantisipasi ke depannya, maka tak mustahil isu peretasan ini makin meluas dan mengancam kedaulatan bangsa. 

“Bangsa kita bangsa yang besar sehingga dianggap layak dijadikan target peretasan,” ungkapnya.

Faizun menjelaskan dunia maya sarat dengan banyak tantangan dari sisi keamanan informasi. 

Pakar IT Ahmad Faizun berbicara soal cyber security dan elite hacker. Dia mengingatkan pentingnya benteng nasional berupa internet mandiri untuk Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close