Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Tenaga Medis Diusir Dari Tempat Tinggal

Ahmad Basarah MPR: Setop Stigmatisasi Kepada Para Pahlawan Medis Indonesia

Kamis, 30 April 2020 – 20:10 WIB
Ahmad Basarah MPR: Setop Stigmatisasi Kepada Para Pahlawan Medis Indonesia - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ahmad Basarah. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengajak masyarakat untuk menghentikan stigmatisasi terhadap para tenaga medis yang menangani pasien Covid 19.

Ia menilai para tenaga medis itu bukan hanya sangat berjasa pada bangsa dan negara atas dedikasi mereka merawat dan menyembuhkan pasien Covid-19, tetapi juga layak disebut ‘para pahlawan medis Indonesia’.

Pernyataan ini disampaikan Basarah, Kamis (30/4/2020), setelah melihat sejumlah besar penolakan warga di berbagai daerah terhadap tenaga medis, khususnya tenaga perawat, untuk tinggal di tengah masyarakat. Peristiwa paling aktual terjadi ketika tiga perawat RSUD Bung Karno Solo, Jawa Tengah, diusir oleh induk semang dari tempat mereka mengontrak rumah di kawasan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, awal pekan ini.

Mereka kini terlunta-lunta lalu ditempatkan untuk sementara di sebuah ruangan lantai lima RSUD Bung Karno Solo. Sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi Malang, Jakarta, Palembang, Gorontalo, Yogyakarta, dan Bandung.

“Para perawat itu pasti melaksanakan tugas mereka dengan protokol kesehatan yang ketat, misalnya mengenakan alat perlindungan diri secara maksimal dan berdisiplin. Mereka juga tak mau terpapar Covid-19. Jadi mari gunakan hati nurani kita dengan baik, perlakukan mereka layaknya pahlawan,’’ jelas Basarah.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu menilai penolakan terhadap para tenaga medis itu terjadi karena dua sebab. Pertama, masyarakat kurang paham terkait penularan virus. Kedua, informasi mengenai Covid-19 lebih banyak diisi dari sisi negatif sehingga menimbulkan rasa takut yang berlebihan di tengah masyarakat.

“Akibat kombinasi dua faktor itu, muncullah proses stigmatisasi bukan saja terhadap penderita Covid-19 tapi juga terhadap mereka yang berada di garis depan merawat dan menyembuhkan para pasien Covid-19 itu,” ungkap Basarah.

Untuk itu, dosen Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) ini mengajukan solusi dengan mengajak pemerintah, relawan, media massa, serta pihak-pihak terkait untuk lebih banyak mengedukasi publik dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait penularan dan pencegahan Covid 19, khususnya tentang peran dan sumbangsih para tenaga medis. Edukasi ini bisa dilakukan lewat dialog di media televisi dan radio, iklan di media cetak, pamphlet dan brosur berisi edukasi, dan banyak cara lain yang intinya melarang stigmatisasi terhadap para pasien dan tenaga medis Covid-19.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengajak masyarakat untuk menghentikan stigmatisasi terhadap para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close