Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AIBI Sebut Pendidikan dan Penegakan Hukum Jadi Kunci Indonesia Emas 2045

Senin, 16 September 2024 – 00:51 WIB
AIBI Sebut Pendidikan dan Penegakan Hukum Jadi Kunci Indonesia Emas 2045 - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal AIBI Kiwi Aliwarga. Foto: dokumentasi AIBI

jpnn.com, JAKARTA - Asoisasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) menilai pendidikan dan penegakan hukum menjadi kunci penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Target Indonesia Emas 2045 telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Nasional Jangka Panjang (RPJMN) 2025-2045 dengan sasaran utama pendapatan per kapita setara dengan negara maju, kemiskinan 0 persen, dan ketimpangan berkurang serta posisi kuat di kancah global serta sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Sekretaris Jenderal AIBI Kiwi Aliwarga mengatakan pihaknya melihat tren saat ini prioritas kemajuan SDM dan penegakkan hukum sudah benar, tetapi pelaksanaannya masih belum sesuai dengan harapan.

“Jika bangsa kita bisa segera melakukan alignment untuk menciptakan SDM andal -bukan hanya mencetak para pekerja, tapi lebih balanced skills and expertise dan juga menjunjung tinggi hukum, maka Indonesia bisa memetik optimum benefit dari Indonesia Emas 2045,” ucap Kiwi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/9).

Pendiri UMG Idealab itu menuturkan target tersebut hanya akan menjadi slogan kosong yang akan membuat Indonesia terperosok menjadi 3rd World dan bukan sebagai bangsa besar dunia yang memberikan kontribusi positif bagi dunia.

Selain itu, menurutnya, tantangan besar di depan mata harus dihadapi pemerintahan berikutnya (Prabowo-Gibran).

Salah satunya utang yang cukup besar dan akan jatuh tempo.

“Negara yang sehat bisa membayar kewajibannya dan membangun negara dan orang-orangnya,” kata dia.

Asoisasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) menilai bahwa pendidikan dan penegakan hukum menjadi kunci penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA