Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Dukung Produksi Electric Vehicle untuk Pacu Industri Otomotif

Jumat, 16 Februari 2024 – 22:07 WIB
Airlangga Dukung Produksi Electric Vehicle untuk Pacu Industri Otomotif - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Kontribusi ekspor produk otomotif nasional terhadap total ekspor produk manufaktur 2023 tumbuh cukup signifikan sebesar 5,96 persen, jika dibandingkan dengan 2022 yaitu sebesar 5,14 persen.

Kemenko Perekonomian menyebut otomotif sebagai salah satu kontributor terbesar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Gaikindo mencatat pada Desember 2023 penjualan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih tercatat sebanyak 85.284 unit. Sedangkan, secara komulatif, penjualan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih pada 2023 sebesar 1.005.802 unit.

Penjualan domestik mobil listrik tercatat sebesar 17.147 unit dan ekspor mobil listrik tercatat sebesar 1.504 unit. Indonesia sendiri sudah memproduksi mobil listrik sebanyak 15.358 unit dan mobil hybrid sebanyak 27.710 unit di tahun 2023.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran CEO dan Pimpinan serta Direksi dari PT Chery Sales Indonesia atas peluncuran produk electric vehicle (EV) OMODA E5 di Indonesia. Jadi, mobil ini launching pertamanya di Indonesia, globally launching di Indonesia dan ini bisa menempuh jarak 430 kilometer. Rencanya produksi sampai dengan Desember kemarin ada 300 unit,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan yang dikutip, di Jakarta (16/2).

Produk EV OMODA E5 yang sudah menggunakan lokal konten (Tingkat Komponen Dalam Negeri/TKDN) mencapai 40 persen.

Menko Airlangga mendorong Chery Indonesia untuk segera melakukan pendalaman struktur sebagai brand ekspor besar yang dapat menjadikan Indonesia sebagai hub/pusat produksi untuk ekspor ASEAN dan Australia, disamping untuk pasar domestik yang terus bertumbuh.

“Pasar domestik tentu harus competitive price. Kedua features dari kendaraan harus semakin modern. Salah satu kita harus mendorong EV yang harganya terjangkau bagi masyarakat,” kata Menko Airlangga.

Kontribusi ekspor produk otomotif nasional terhadap total ekspor produk manufaktur 2023 tumbuh cukup signifikan sebesar 5,96 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close