Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga: Metode Yaqowiyu Ki Ageng Gribig Pedoman Hidup Keluarga Saya

Jumat, 24 September 2021 – 07:47 WIB
Airlangga: Metode Yaqowiyu Ki Ageng Gribig Pedoman Hidup Keluarga Saya - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara Haul Ki Ageng Gribig di Klaten, Jateng, Kamis (23/9) malam. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, KLATEN - Metode dakwah Yaqowiyu yang diwariskan tokoh ulama besar Jawa Tengah Ki Ageng Gribig, dilestarikan dan dijadikan pedoman hidup oleh salah satu dzurriyah (keturunan) yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ki Ageng Gribig sebagai ulama besar mempunyai strategi dakwah yang unik, salah satunya adalah membagikan apem kepada masyarakat sambil membawa wirid Yaqowiyu.

"Metode dakwah apem Yaqowiyu senantiasa kami lestarikan dan tentu diceritakan dalam keluarga kami, sampai anak dan cucu, ini sebagai pedoman hidup bahwa dalam mendampingi masyarakat, terutama untuk mengajak kepada kebaikan beragama kita harus menggabungkan hal yang illahiyah, hubungan kepada Allah, budaya masyarakat sekitar, dan membantu kebutuhan ekonomi masyarakat," kata Airlangga pada acara Haul Ki Ageng Gribig di Klaten, Jateng, Kamis (23/9).

Airlangga menjelaskan dakwah apem Ki Ageng Gribig yang senantiasa dijaga keluarganya kemudian ditafsirkan menjadi warisan nilai-nilai luhur.

Kata APEM kemudian diturunkan menjadi beberapa nilai. A artinya Akar sejarah yang kuat, berarti menjaga tradisi, budaya, dan para pahlawan bangsa. P artinya Persatuan dan kesatuan, yaitu menjaga, menanamkan nilai-nilai toleransi untuk menjaga kerukunan, kemajemukan, dan kebhinekaan.

E artinya Ekonomi kerakyatan, pembangunan ekonomi haruslah dipusatkan untuk kemakmuran rakyat dan ini termasuk di dalamnya tradisi membuat apem mendorong usaha menengah kecil untuk memproduksi di dalam negeri, di Klaten dan dikonsumsi oleh Klaten juga.

M artinya Masyarakat yang maju, beragama, dan berakhlaqul karimah, terciptanya masyarakat yang maju berilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan iman dan takwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, sehingga terwujudnya peradaban yang ideal.

"Nilai-nilai APEM inilah yang menjadi garis perjuangan saya di manapun saya berada dan ini menjadi amanah keluarga untuk dijalankan dan diemban," jelas Airlangga.

Airlangga Hartarto menjelaskan dakwah apem Ki Ageng Gribig yang senantiasa dijaga keluarganya kemudian ditafsirkan menjadi warisan nilai-nilai luhur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close