Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Serahkan Paket Bantuan Buah untuk Tenaga Kesehatan

Selasa, 10 Agustus 2021 – 17:49 WIB
Airlangga Serahkan Paket Bantuan Buah untuk Tenaga Kesehatan - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan paket bantuan buah untuk tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan paket bantuan buah untuk tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Selain ke tenaga kesehatan paket buah juga dikirim ke warga yang isolasi mandiri.

"Kami merayakan Gelar Buah Nusantara ke-6 dan membagikan 6.000 paket buah ke RS Persahabatan, RS Fatmawati, RS Sulianti Saroso, RS Islam dan RS Cempaka Putih," kata Airlangga melalui keterangan tertulisnya, Selasa (10/8).

Airlangga mengatakan, dengan memakan buah-buahan dapat mendorong imunitas bagi nakes dan warga yang sedang isolasi mandiri. Selain itu, bisa mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi buah Indonesia.

“Kami senang berada ditengah-tengah para pahlawan dalam menangani pandemi," ujar Airlangga.

Saat ini, sambung Airlangga buah-buahan menjadi salah satu subsektor pertanian yang mampu meningkatkan devisa negara melalui ekspor. Ekspor pada 2020, sebesar USD 645,48 juta, jumlah itu meningkat sebesar 37,75 persen dibanding 2019.

Nilai realisasi ekspor buah-buahan tercatat sebesar USD 389,9 juta pada 2020. Jumlah itu meningkat 30,31 persen dibanding 2019 dengan lima negara tujuan utama yaitu China, Hongkong, Malaysia, Arab Saudi, dan Pakistan.

"Dari sisi produksi buah, dari tahun 2000 hingga 2020, rata-rata pertumbuhan produksi buah Indonesia pertahun meningkat rata-rata 6,06 persen," ujar Airlangga.

Namun ironisnya peningkatan produksi ini tidak diikuti dengan peningkatan konsumsi masyarakat Indonesia untuk buah. Rata-rata konsumsi masyarakat Indonesia untuk buah-buahan tahun 2020 sebesar 88,56 gram/kapita/hari, turun sebesar 1,4 persen dibanding 2019.

Angka konsumsi hanya sebesar 59,04 persen dari batas minimal angka kecukupan gizi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan konsumsi buah sebesar 150 gram/kapita/hari.

Oleh kaarena itu, Airlangga berharap, Rangkaian acara Gelar Buah Nusantara ke-6 tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan buah nusantara untuk berjaya di dalam negeri dan berdaya saing di luar negeri.

Airlangga berharap GBN menjadi ajang promosi dan sosialisasi secara luas di seluruh Indonesia dengan melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sehingga, GBN mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai dan mengonsumsi buah nusantara.

"Sehingga ikut mendorong perekonomian daerah dan perekonomian nasional. Konsumsi buah nusantara untuk menjaga imunitas tubuh! Ayo makan buah!” ujar Airlangga. (dil/jpnn)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan paket bantuan buah untuk tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit di Jakarta

Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close