Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akademisi Dukung Jokowi Mendorong Transformasi Digital di Sektor Birokrasi

Senin, 09 Januari 2023 – 19:26 WIB
Akademisi Dukung Jokowi Mendorong Transformasi Digital di Sektor Birokrasi - JPNN.COM
Presiden Jokowi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Akademisi Universitas Hasanuddin Makassar Ali Armunanto mendukung Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang mendorong pelayanan publik yang optimal lewat transformasi digital pada seluruh sektor birokrasi.

Menurut Armunanto, arahan Presiden Jokowi untuk mentransformasi sistem pelayanan ke digital sangat baik.

“Itu adalah arahan yang baik, dorongan yang baik, membawa pemerintahan ke era digital atau e-government. Implementasi digitalisasi pemerintahan ini sebenarnya sudah banyak dilakukan,” kata Armunanto, Senin (9/1).

Menurut Armunanto, transformasi digital di sektor birokrasi ini sangat tepat buat beberapa sektor tertentu, khususnya soal perizinan hingga pengurusan administrasi.

Namun, untuk perizinan belum maksimal menggunakan digitalisasi dan sektor ini rawan terjadi manipulasi.

“Kemudian masih terbatas pada sektor tertet. Beberapa sektor seperti perizinan dan lainnya masih dilakukan secara manual. Dan, hal tersebut rawan dimanipulasi,” ujarnya.

Menurut Armunanto, lewat digitalisasi yang didorong oleh orang nomor satu di Republik ini semata-mata untuk keterbukaan, khususnya bagi pemerintah baik di pusat maupun di daerah.

“Ajakan Jokowi untuk melakukan transformasi digital pada sektor birokrasi tentu saja menjadi hal yang sangat bagus. Dengan digitalisasi, transparansi menjadi sangat terbuka. Transparansi pemerintahan menjadi sangat baik, lalu kemudian proses pengarsipan juga akan menjadi sangat bagus, sistem akan menjadi lebih efisien,” ujar Armunanto.

Akademisi Unhas Ali Armunanto mendukung Presiden Jokowi yang mendorong pelayanan publik lewat transformasi digital pada seluruh sektor birokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close