Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akhirnya, Kabar Baik dari Menlu Retno soal Evakuasi WNI di Tiongkok

Jumat, 31 Januari 2020 – 16:35 WIB
Akhirnya, Kabar Baik dari Menlu Retno soal Evakuasi WNI di Tiongkok - JPNN.COM
Menlu Retno Marsudi bicara soal evakuasi WNI di Wuhan, tempat tersebarnya virus corona. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa keberangkatan pesawat bersama tim yang akan menjemput WNI dari wilayah terdampak virus corona di Provinsi Hubei, Tiongkok, akan dilakukan kurang dari 24 jam.

“Pesawat yang akan digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan langsung tanpa melalui transit,” kata Menlu Retno dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (31/1).

Tanpa menjelaskan lebih lanjut pesawat jenis apa yang akan digunakan, Menlu menyebut bahwa tim aju (advance) dari KBRI Beijing telah masuk ke Provinsi Hubei untuk berkoordinasi dengan otoritas setempat.

“Pagi ini saya bertemu dengan Dubes Tiongkok di Jakarta. Beliau menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari Hubei,” kata Retno.

Lebih lanjut Menlu menjelaskan bahwa persiapan pemberangkatan di beberapa titik di Provinsi Hubei terutama di Kota Wuhan terus berjalan, demikian halnya persiapan penerimaan WNI di Tanah Air yang terus dilakukan sesuai prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku.

Sebelumnya, Kemlu menyatakan bahwa setibanya di Tanah Air, WNI yang dievakuasi dari Provinsi Hubei harus dikarantina selama 28 hari untuk memastikan kesehatan mereka dan mencegah penularan virus corona tipe baru.

“Ini kan tidak semata-mata bahwa warga pulang, membaur, tetapi juga ada proses karantina,” ujar Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Desra Percaya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, di Jakarta, Kamis (30/1).

Desra juga menyebut bahwa Kemlu telah menyiapkan pesawat carter dari maskapai penerbangan sipil untuk memulangkan WNI dari Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa keberangkatan pesawat bersama tim yang akan menjemput WNI dari wilayah terdampak virus corona di Provinsi Hubei, Tiongkok

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close