Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akhirnya Prabowo ke Sumbar, Terharu, Ada Utang Budi & Anies Baswedan

Minggu, 30 April 2023 – 14:48 WIB
Akhirnya Prabowo ke Sumbar, Terharu, Ada Utang Budi & Anies Baswedan - JPNN.COM
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - TANAH DATAR - Prabowo Subianto bertandang ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (29/4).

Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Gerindra itu ke Istano Basa Pagaruyung, memenuhi undangan pengukuhan gelar adat (batagak gala) Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Nama Prabowo bagi masyarakat Minangkabau sudah tak asing. Prabowo anak dari Soemitro Djojohadikusumo, begawan ekonomi yang menjadi salah satu menteri dalam kabinet Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia atau PRRI.

Sedikit mengulas, PRRI adalah gerakan oposisi pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat, yang melahirkan pemerintah tandingan pada 15 Februari 1958. Gerakan ini didahului oleh keluarnya ultimatum Piagam Perjuangan untuk Menyelamatkan Negara dari Dewan Perjuangan yang dipimpin oleh Ahmad Husein di Padang, Sumatera Barat.

Kembali ke Prabowo. Saat bertarung pada Pilpres 2019, Prabowo yang saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno mendapat tempat khusus di hati masyarakat Minang.

Hal itu dapat dilihat dari persentase suara yang berhasil diraup pasangan Prabowo-Sandiaga kala berhadapan Jokowi-Ma'ruf. Prabowo-Sandiaga menang telak di Sumbar dengan perolehan 2.488.733 suara atau setara 85,95 persen.

Kendati menang telak di Sumbar, hasil itu tidak cukup untuk mengantarkan Prabowo menduduki kursi presiden.

Seusai Pilpres 2019, Prabowo malah menerima tawaran bergabung dengan kabinet yang dibentuk Jokowi. Sandiaga juga. Jadi menteri.

Prabowo merasa mempunyai hubungan khusus dengan masyarakat Minangkabau. Apa itu, Pak?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close